Kolestrol

Nataniel

Nataniel

Photographer, content designer and trader

. . .

Salah satu yang menjadi konsen gw sekarang adalah Kolestrol. Terkesan tua banget yak? haha. Walaupun gw kurus, tapi ternyata banyak yang bilang malah lebih bahaya kalau orang kurus kelebihan kolestrol. Tahun lalu gw sempat medical check up di rumah sakit Siloam, ternyata kolestrol gw cukup tinggi, hampir 200. Nilai aman untuk kolestrol adalah dibawah 200 mg/dL.

Nah, selama di Swedia makanan gw kan rata-rata daging. Apalagi kalau masak di apartemen, seringnya daging babi dan telur saking gak punya ide lagi mau masak apa. Jadi tiap kali makan pasti kebayang kolestrol tinggi. Haha.

Selagi di Indonesia, gw menyempatkan diri untuk tes kolestrol gw. Kebetulan kemarin gw ke Ratu Plaza buat makan di Super Penyet. Makanannya enak bangett, gw dikasih tau teman gw yang kerja dekat situ. Stelah makan kami melewati apotik Century. Teman gw ingat kalau dia mau cek gula darah dan asam urat. Jadinya gw sekalian cek kolestrol dah.

Hasilnya :

Cholesterol Total    : 173 mg/dL           (normal < 200)

HDL                        : 32 mg/dL             (normal > 50)

Trigliserida              : 115 mg/dL          (normal < 150)

LDL                         : 117 mg/dL          (normal < 100)

Rerata Kolestrol      : 5.3 md/dL

Kalau dari nilai total masih aman karena di bawah 200 mg/dL. Tapi setelah dibreakdown, ternyata LDL gw tinggi sedangkan HDL rendah. Kedua komponen ini bekerja linear, jadi kalau LDL tinggi pasti HDL rendah. LDL itu bisa dibilang lemak jahat sedangkan HDL itu lemak baik. Untuk trigliserida masih di zona aman.

Kesimpulan : Harus lebih memperhatikan kesehatan, kurangi makanan berlemak , perbanyak makanan yang mengandung omega 3.

Leave a Reply

Archives