Lidah Indonesia Pisan

Nataniel

Nataniel

Photographer, content designer and trader

. . .

Well, salah satu yang membuat gw susah beradaptasi dengan lingkungan baru adalah makanan. Gw akui lidah gw termasuk lidah lokal, dan agak ribet dengan masalah rasa. Kalau jalan-jalan ke tempat baru tapi masih di Indonesia, gw masih bisa tahan kalau makanannya aneh, minimal ada satu common ground antara makanan lokal indonesia, spicy.

Tapi urusannya bisa beda kalau sudah pergi ke luar negri. Terakhir gw ‘menderita’ di Malaysia, nasi lemak. OMG, gw pernah seharian cuma makan KFC untuk menghindari nasi ini. Nah di Swedia lebih ajaib lagi. Seperti umumnya makanan Eropa, makanannya terasa ‘hambar’ di mulut gw. Terus pakai banyak cream dan berry2an.  Trus janrang banget makanan yang digoreng, jadi gak bakalan ketemu tahu goreng apalagi ‘cilok bandung’.

Untuk mensiasatinya, gw masak sendiri untuk makan malam. Minimal gw bisa makan nasi dan telur dadar plus abon cabe yang gw bawa dari Indonesia. Hehe. Selain itu ada ‘pork’ instan yang tinggal gw goreng trus dimakan dengan nasi putih plus abon cabe. Pernah gw bikin mie tek-tek resep dari teman di bogor, hasilnya lumayan sih bahkan bisa gw share dengan teman separtemen.

Sebenarnya alasan untuk masak makan malam sendiri bukan hanya karna masalah rasa, tapi masalah harga. Kalau dinner diluar bisa menghabiskan SEK120 atau 200 ribuan rupiah, lumayan banget kan. Nah kalau masak sendiri, dengan harga segitu udah bisa buat 5 kali dinner. Insting anak kost gw masih kuat. :P.

Beberapa hari yang lalu, gw harus ke Solna untuk training selama seminggu. Otomatis gw gak bisa masak sendiri di Hotel. Jadi gw tiap hari harus makan masakan ‘itu’ lagi. Mungkin karna salah satu teman kantor melihat gw, tepatnya kami, tidak terlalu nafsu, akhirnya dia mengajak kami ke restoran jepang untuk makan sushi. Pas minum supnya, gilakk.. seneng banget. ‘sumringah’ adalah kata yang paling tepat untuk menjelaskannya. bahagiaa…

Anyway, penasaran dengan hasil masakan gw? :D

Tentu saja bukan ini.

Nasi goreng random, pake anggur hijau -.-

kalau ini nyobain resep yang diposting pak Budi

pasta rasa indonesia, pake abon cabe

jadi waktu itu kita bertiga ngirim poto makan malam masing-masing, tebak mana punya gw? haha..

kalau ini sate ayam dari Thai Restaurant. enakk..

2 Responses

Leave a Reply

Archives