wabah

Nataniel

Nataniel

Photographer, content designer and trader

. . .

beberapa minggu terakhir, masyarakat bandung digegerkan oleh berita menyebarnya penyakit hepatitis A. pemerintah juga sudah menetapkan bahwa kejadian ini adalah sebuah wabah.

semua bermula dari kampus di daerah utara bandung. puluhan mahasiswa unpar terjangkit penyakit ini. terutama mahasiswa yang ngkost di daerah ciumbeleuit. katanya wabah ini menyebar melalui warung-warung makan yang kurang sehat.

berita ini pun sempat membuat gw was-wasan. tapi katanya puskesmas di daerah sekitar sudah memberikan vaksin ke masyarakat sekitar dan mahasiswa unpar.

namun wabah ini katanya telah berpindah ke kampus lain. universitas maranatha. katanya disana telah ditemukan belasan mahasiswa terjangkit hepatitis A . huo… ini semakin gw bikin panik. bagaimana tidak, daerah maranatha letaknya sangat jauh dari unpar dibandingkan daerah itb. sekali naik angkot ataw jalan kaki, wabah itu sudah sampai di kampus ganesha.

gw mikirnya mungkin sudah ada teman2 di itb yang terjangkit tapi belum diketahui. makin parno nih ke kampus apalagi makan di daerah kampus. apalagi sekarang gw gak enak badan dan sedikit demam. mudah2 ini hanya efek kecapean dan radang tenggorokan. mudah2 cepat sembuh. aminn..

gw juga pernah dengar di daerah plesiran pernah terjangkit penyakit ini karena penggunaan kamar mandi bersama.

mulai sekarang keknya harus siapin stok detol dan handsanitizer nih. terus gak mau makan sembarangan. idealnya sih masak sendiri, tapi karena gak bisa masak sendiri, keknya makanan dibungkus aja. tentunya dari warung yang bersih. karena penyakit yang menyerang fungsi hati ini juga bisa berpindah karena penggunaan alat makan bersama.

buat teman-teman yang berada di sekitar itb, mulai sekarang hati-hati. jaga kesehatan, makan bersih, dan istrahat cukup. tidak apa2 menjadi orang yang terlihat freak karena menjaga kebersihan daripada nantinya sakit. kan bisa berabe.

Leave a Reply

Archives