“thank God” itulah kata pertama yang terucap dalam hati ketika pesawat Lion Air yang gw tumpangi mendarat dengan selamat di tanah cengkareng. ya, hari ini gw balik dari makassar setelah liburan kira2 hampir dua minggu. gw naik pesawat ini karena disamping murah, jadwalnya juga tepat,  setidaknya sampai gw mengalami perjalanan hari ini.

jadi gw memang memilih penerbangan di pagi hari menjelang siang. tepatnya jam 9.45, dengan harapan lebih aman dan nyaman. karena biasanya jam segitu cuaca lebih bersahabat.

setelah melalui proses check in yang ribet karena banyak penumpang, gw akhirnya naik ke pesawat. seperti biasa proses take-off selalu mendebarkan. haha.. setelah pesawat mencapai ketinggian yang diinginkan, kami terbang dengan nyaman. namun semuanya berubah dalam 10 menit. tiba2 pesawat berguncang keras. jantung rasanya mau copot. pesawat naik turun, terasa seperti di kora2 atau roller coaster. adrenalin seperti terpompa seperti ketika gw ke trans studio makassar sehari sebelumnya.

gw berusaha menenangkan diri, ini hanya sementara, seperti biasa. namun semuanya salah, ternyata sepanjang perjalanan kejadian ini berulang. stress rasanya. sebenarnya kalau goyang secara kontinu gw gak apa2, tapi kalau pesawat berjalan mulus trus tiba2 bergerak ke bawah beberapa meter, itu yang biskin syok. gilak lah..

bayangkan 2 jam gw harus berusaha menenangkan diri, tidak ada yang bisa dilakukan selain berdoa dan berpegang erat. bukan gw doang sih, sepertinya semua penumpang merasakan yang sama. bahkan bapak2 di samping gw sempat berteriak. pada tahap ini sepertinya gak usah jaim2 buat memperlihatkan ekspresi.

sebenarnya ini penerbangan gw yang kesekian kalinya, namun ketakutan gw akan perjalanan menggunakan pesawat semakin besar. pertama naik pesawat waktu kecil gw justru senang. sekarang gak demikian, klo bisa gw dibius aja selama 2 jam. haha..

oh iya, ketakutan gw juga didukung oleh tayangan di NatGeo selama liburan. jadi ada sesi ketika mereka membahas tentang kecelakaan pesawat mulai dari tahun awal sampai sekarang. disana dibahas mengenai tekanan udara sampai kecelakaan fatal akibat sebuh sekrup yang salah pasang. jadi ketika naik pesawat, gw memperhatikan badan pesawat terlebih dahulu. haha…