Project Digital Part 2

Nataniel

Nataniel

Photographer, content designer and trader

. . .

Akhirnya setelah mengubah rangkaian dan beberapa komponen, seperti seven segment yang sebelumnya common anoda kemudian diganti dengan common katoda. Sebenarnya untuk menyelesaikan masalah tampilan di seven segment yang ‘aneh’ kita dapat menggati Seven Segment itu sendiri atau mengganti IC 74LS47 dengan IC 74LS48. Dimana IC 74LS47 active low sedangkan IC 74LS48 active high. Namun setelah menanyakan harga IC 74LS48, ternyata harganya  3 kali lipat dari harga IC 74LS47. Jadi lebih baik mengganti seven segmennya aja.

 

Tampilan depan

Ini adalah tampilan depannya. 

rangkaian dalamIni adalah rangkaian dalamnya.

Sebelumnya saya sempat bingung packagingnya mau seperti apa. Sempat kepikiran mau membuat tampilan seperti *** ***** ( ide dirahasiakan dahulu, projectnya belum dikumpul, ntar dicontek). Tapi mengingat waktu yang kurang , jadi packagingnya yang standar aja. Pakai box TV tuner. Tapi lumayan rapi. Tinggal finishingnya aja. 

berikut video simulasinya.

7 Responses

  1. bang,,,, itu bikin proyek ape seh???

    ane juga age bingung neh,,, da tugas proyek sistem digital tapi disuru nyari tema sendiri buat alat’a……..

    bisa bantu gak ????

    thenk be4

  2. /moehamadz_6/

    project ini membuat suatu alat yang dapat mengukur kecepatan kita untuk menekan tombol start dan stop. (Reaction Timer)
    Alat ini menggunakan prinsip rangkaian counter.

  3. gw bingung!!! suruh bikin proyek digital, punya dua ide, udah kepake kelompok laen smua…
    alhasil gw menemukan ide baru, membuat kalender digital dgn tulisan berjalan…
    bingung gw bikin sistem penanggalannya….
    ada referensi nggak??

    1. karena spesifikasi alat yang diinginkan pada proyek diatas sederhana makaproyek diatas bisa dibuat cukup dengan menggunakan rangkaian sekuensial yang terdiri dari gerbang-gerbang logika dasar serta beberapa register dan mux. ( dosen melarang menggunkan microcontroler ).
      Namun jika joseph ingin membuat kalender digital berjalan, saya itu tidak cukum menggunakan rangkaian dari komponen dasar. Harung menggunakan microkontroler. Misalnya menggunakan MIcrocontroler 8051. Akan lebih mudah karena kita bisa memasukkan software kedalamnnya ( bahasa assembly ).

  4. kuliah ini gw cuma dapat AB. kecewa, padahal gw ngumpulinnya sebulan sebelum deadline dan menurut gw, rangkaian gw oke. hmm..

Leave a Reply

Archives