Praktikum Kimia

[Repost dari blog lama semasa TBP-ITB].

Beberapa hari yang lalu saya melakukan praktikum kimia.
kali ini praktikumnya asyik. disamping percobaannya gampang, asistennya juga lucu .
Trus ada demonstrasi dari asisten yang menurut saya keren banget, walaupun itu hanya percobaan dari reaksi kompleks, tapi tetap aja bagi saya menarik. Tapi ada satu lagi yang menarik dan lucu. ceritanya begini…..

Hari itu ada percobaan tentang laju reaksi yang melibatkan kentang. jadi praktikum disuruh membawa kentang dari rumah masing-masing atau minimal satu buah perkelompok. Ketika saya sedang asyiknya melakukan percobaan laju reaksi yang lain, tiba-tiba seorang teman menghampiri.
“Tan, kamu bawa kentang gak? “
” iya, bawa”. jawab saya.
” boleh minta dikit gak?
“Boleh kok, ambil aja?” trus saya melanjutkan percobaan saya.
” Kmu punya pisau gak? ” dia bertanya lagi. Tapi saya tidak menggubrisnya. Pikir saya dia akan mencari pisau sendiri.
Lagian saya juga gak punya pisau. Tapi kenyataan berkata lain.
Beberapa saat kemudian praktikum saya selesai. Tinggal praktikum kelompok yaitu kentang.
Teman saya kemudian meminta kentang yang ada di meja saya. Saya kemudian mengambilnya.
Tapi apa yang terlihat diluar dugaan saya. Di kentang tersebut terdapat ‘sidik gigi’. Saya hampir tertawa
terbahak-bahak. Tapi saya langsung mengendalikan diri. Ternyata teman saya tadi, mungkin dia kehabisan akal, jadi dia
menggigit kentang tersebut. Mudah-mudahan saja dia tidak keracunan, soalnya mungkin kentang tersebut sudah tercemar
oleh cairan-cairan kimia di meja tadi. Ha….ha………

Leave a Reply