Konversi File MP3 menjadi File ‘Karaoke’

Kalau anda doyan karaoke pasti anda punya banyak koleksi lagu-lagu karaoke. Namun kadang kala lagu yang kita sukai tidak memiliki file karaoke. Jangan cemas ^^, saya punya cara mengubah file mp3 biasa menjadi file karaoke. Cara ini cukum menggunakan software MATLAB .Walaupun sudah banyak software untuk konversi ke karaoke, tidak ada salahnya kita membuat sendiri.

  • Pertama-tama, siapkan file MP3 yang ingin dikonversi. File MP3 tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi format WAV karena MATLAB hanya bisa membaca file WAV.
  • Setelah itu buka software matlab.
  • Ubah direktori MATLAB ke folder dimana tempat file WAV.

  • Setelah itu kita membuat array dari file wav tersebut (misalnya nama file adalah tes.wav) dengan menuliskan skrip:

>> [tes,f] = wavread(‘tes.wav’);

  • Kemudian kita memisahkan suara chanel kiri dan chanel kanan dengan menuliskan skrip :
>> left=tes(:,1);
>> right = tes (:,2);
  • Untuk menghilangkan suara penyanyinya, maka kita menuliaskan skrip

>> z = ( left – right );

>> wavplay(z,f);

  • Untuk menyaimpan file yang sudah dikonversi, kita menuliaskan skrip:

>> wavwrite(z,f,’new.wav’);

  • Setelah itu, pada direktori source akan terbentuk file audio new.wav

Penjelasan Teori :

Pada dasarnya, dalam proses rekording musik, suara penyanyi akan terdistribusi merata pada chanel kiri dan kanan. tidak demikian halnya dengan suara alat musik. Suara alat musik sengaja didistribusikan tidak merata pada kedua chanel untuk mendapatkan efek live. Dengan demikian, jika kita mengurangkan chanel kiri dengan chanel kanan maka kita dapat menghilangakan suara penyanyi.

Pada skrip diatas kita melihat variabel f. Variable ini merupakan frekuensi sampling dari file audio tersebut. Pada umumnya f = 44100 Hz.

Selamat mencoba…

22 thoughts on “Konversi File MP3 menjadi File ‘Karaoke’

    1. waktu array pertama kok keluar tulisan Error: The input character is not valid in MATLAB statements or expressions. saya menggunakan matlab7.3.0(r2006)ap beda ya struktur bahasanya??

  1. Kalo yg ini pake winamp juga bisa, tapi tetep hasilnya gak bagus, suara drum, bass dll yg PANnya ditengah ikut ilang, sementara suara reverb dari vokal masih ada, malah jadi aneh lagunya.

    1. tergantung dari proses rekaman file aslinya mas.
      Kalau suara penyanyinya terdistribusi merata di kedua chanel ( kiri dan kanan ) maka hasilnya pasti bagus…

    1. Wah informasi yang sangat berharga neh brotha……!!!!
      Terima kasih yah aku mau segera mencoba……!!!!

  2. Keren….berhasil untuk beberapa lagu Barat, tapi ada juga beberapa lagu yang suara vokalisnya nggak kepisah mungkin karena dari sononya udah terdistribusi merata.
    Untuk bagian f dan fs itu bukannya ngaruh ke kecepatan ya ?? kemaren nyoba f dan fs dikecilin, hasil wavnya jadi lebih lambat, kalo digedhein jadi lebih cepet

    CMIIW

Leave a Reply