44 thoughts on “Jenis-Jenis Ukiran Toraja

  1. /hyva/

    iya, motif di atas juga diaplikasikan ke tenunan kok. paling tidak di sablon (he..he..). karena semakin sulit untuk mendapatkan orang yang bisa menenun di toraja.

    1. iya,, seperti yang kita lihat di Sa`dan,,, tidak ada yang bisa melanjutkannya karena yang bekerja (Tenun) hanya orang tua ,..

  2. Nate, indah-indah ya motifnya
    Cuma familiar saja, soalnya beberapa motif gak jauh beda sama motif batik yg dijual di pasar2,
    seperti Paqsalaqbiq Ditoqmokki (alamak susahna di baca kodonge), Paqsiborongan (hahh)
    Kalo orang yang tidak jeli,,, pasti nyangka ini motif batik!
    Bedanya ya, yang satu di katun yang satunya di pahat
    Tapi kalo diperhatikan lebih dalem, beda banget sih, lebih ceria dan berwarni. Motif motif ini lebih mirip dengan tenun-pahat orang Batak. Nah lo, satu nenek moyang sih.

  3. Bro…dimana saya bisa dapet gambar2 motif hi-res seperti ini. Saya perlu untuk referensi ukiran motif2 nusantara
    Thanks b4

  4. Lam kenal……..

    Bisa aku dikirimin gambar jenis-jenis ukiran Toraja?

    Thanks b4

  5. wah..ada yang lengkap dengan penjelasan tiap ukiran ngk..?? maksud saya dengan makna yg terkandung dari tiap ukiran.. trima kasih

    1. dan mendila : hm… saya juga kurang tahu yah, tapi satu yg saya tahu.. untuk bangsawan, apabila dia meninggal, maka petinya akan berbentuk bundar ( tabung ) dan di ujungnya ( alas/tutup ) akan terdapat ukiran matahari.

      antek : saya pernah punya bukunya yg berisi keterangan lengkap, tapi lupa taroh dimana… maaf yah

  6. oh. saya punya buku yang mengulas tentang ukiran-ukiran ini lengkap dengan makna-nya masing2 dalam 2 bahasa (ind-eng). bagian yang kurang menurut saya (tdk di tampilkan di atas) yaitu Ukiran-ukiran gambar mengenai hewan2. seperti ayam, babi, itik, dan kerbau. itu juga ada artinya.. btw nice post!

  7. Salama’
    Teman-teman yang punya dokumen2 ukiran-ukiran toraja lengkap dengan makna2nya, kiranya berkenan berbagi info….kami di Kalteng sedang mendesign kalender yang memuat ukiran2 toraja, kada peada, dll, terkait toraja. Kurre.

  8. tolong dunk kak…
    cariin tentang motif” ukiran toraja,, yg lebih rinci lagy…
    please kak..
    buad bikin tugas ne..
    kalo adha,, tlg kirim k msage FB q ea kak??
    FB q Chiyka Chyk…
    thanks b4…

  9. semua itu sungguh indah dan sangat luar biasa……..coba setiap ukiran ada disertakan artinya juga……karna pasti setiap keindahan ukiran itu ada historynya…..

  10. kak saya boleh ga minta rincian ukir-ukiran ini..
    arti masing-masing ukiran soalnya saya pelu skli buat tugas skripsi kak… saya butuh data lengkap..
    klo ada bisa bagi infonya..ke email sya saja
    di
    wiwi_wiwiQ@hotmail.com

    terima kasih banyak =)

  11. minta saran donk, apakah tau ukiran2 apa yang cocok untuk undangan di pernikahan. salama’

  12. den tugas ki daka’ 5 bang ukiran traya sola artinna pa tae’ pa ku appa’ i ahhggg…huffttt…memperlongko’ batang kale lu ya te buguru ehh..na be tarruk ki yah tugas

  13. tolong dong kalau bisa di kirimkan gambar ukiran toraja seperti di atas tapi yang terpisah-pisah.

  14. gambar yg di_download dari link di atas tidak bisa terbaca, apa ada alternatif lain? saya butuh untuk tugas akhir tentang Toraja. terima kasih :)

    1. sudah, tp tetap tidak bisa terbaca. sudah saya coba berkali-kali :(

Leave a Reply