interviewer (2)

Nataniel

Nataniel

Photographer, content designer and trader

. . .

panik adalah ketika hal2 yang mungkin ditanyakan dalam wawancara  yang telah anda susun ternyata tidak ditanyakan oleh sang interviewer.

– sekian –

ini pengalaman pribadi. setelah sebelumnya melalui 5 tahap tes akhirnya dipanggil untuk wawancara user sebelum BOD. bukan rahasia lagi klo biasanya ketika wawancara user yang ditanyakan bukanlah hal teknis. paling seputar personality. jadinya sebelum hari H gw latihan bagaimana ‘menjual’ personality gw ke interviewer. mulai dari perkenalan sampai kelebihan kekurangan.

hari H gw memasuki ruangan. sudah ada dua orang user. setelah mereka memperkenalkan diri, gw sudah siap2 dengan rutinitas ” ok. explain about yourself”.

namun bukan pertanyaan itu yang muncul. yang ada adalah ” Ok. explain about your final project”.

seketika waktu serasa berjalan lambat,

satu detik. ( apa? TA? )

dua detik.  ( tunggu bentar )

tiga detik.  (  OMG, judul TA gw apa? )

empat detik. ( judul..judul.. )

lima detik (  oh iya, something about gyroscope ).

detik keenam.. gw mulai menjelaskan SEADANYA. gak sistematis sama sekali. mungkin mereka malah bingung. gw sendiri bingung apa yang pernah gw bikin. berusaha mengulur waktu, mengulang hal yang sudah gw ucapkan sebelumnya. totally blank. akhirnya selama beberapa menit gw menjelaskan dengan bahasa ingris yang belepotan dan istilah2 dalam TA yang gw sendiri sudah lupa. (malu sama dosen pembimbing -__-. )

percaya gak percaya. selanjutnya mereka menanyakan hal2 teknis. gak ada pertanyaan pengalaman organisasi, kelebihan, kekurangan, motivasi, dll. lanjut ke pengalaman KP, asistensi, dan beberapa hal tentang industri. yah gw berusaha sebisa mungkin agar dapat memukau mereka. untungnya klo ini lebih simple.

image

yah klo sudah begitu tinggal menunggu hasil saja.

sebelum pulang, orang HRnya bilang ” hasilnya silahkan ditunggu 2 minggu. kalau lolos akan kami hubungi via telpon dan email, kalau tidak lolos tidak akan ada pemberitahuan. terima kasih “.

insight yg bisa diambil adalah .

pertama : jangan menganggap remeh isi TA kalian. mungkin anda berfikir dua bulan, tiga bulan, isi TA anda masih melekat di kepala anda. bahkan sehari setelah sidang, kehidupan anda sudah berubah. anda berada di dunia yang baru. PERCAYALAH. walaupun beberapa hari kedepan anda pasti mengerjakan revisi.

kedua : persiapkan semua hal sebelum wawancara. wawancara apapun, HR, user, BOD. karna mitos wawancara user dan BOD hanya personality-test tidak sepenuhnya benar.

ketiga : sebaiknya menjaga konsentrasi sebelum wawancara. gw sebelumnya malah asik ngobrol2 dengan kandidat dari univ lain. ui, its, ugm. yang harusnya gw jam 11, jam 10.30 tiba2 sudah dipanggil. akhirnya gak konsentrasi pas wawancara.

ps. sebelumnya di wawancara HR sudah ditanyakan ttng TA dan gw menjawab dengan lancar-jaya, tapi itu 2 bulan yang lalu…

One Response

Leave a Reply

Archives