Device and IC Processing Laboratory

Nataniel

Nataniel

Photographer, content designer and trader

. . .

Pertama kali ke lab ini ketika mengambil kuliah Teknologi IC. Waktu itu kami diajak mengunjungi ruang pabrikasi IC di PAU. kereenn.. apalagi clean roomnya. masuk sudah kayak astronot aja.

dan ternyata takdir mempertemukan gw lagi dengan lab ini. ketika itu gw ganti topik dan ganti dosen. #nekat. awalnya gw datang ke pak irman untuk melamar beliau menjadi dosen pembimbing dengan membawa topik yang gw bawa dari LIPI bandung. namun hasilnya ditolak karena teknologinya sudah ketinggalan. namun gw gak langsung diusir begitu aja. gw kemudian diberikan tawaran mengenai penelitian bersama univ hirosima di jepang. jadinya gw diberikan sebuah buku yang berisi topik2 penelitian di sana.

namun mungkin bukan jodoh, setelah gw mengajukan topik yang berbau IC analog yang ketika itu menjadi favorit gw, gw malah ditawarkan project lain untuk membantu seorang dosen yang sedang menyusun disertasi dengan topik gyroscope. setelah diberikan beberapa penjelasan gw menyanggupinya.

topiknya lumayan asik. sampai2 gw membaca semua paper yang dikasih dosen tersebut dan juga mencari2 di internet. mungkin antara bingung dan penasaran, gw sampai menghabiskan beberapa minggu untuk studi litelatru doang. akhirnya gw ditegur jangan sampai tenggelam dengan papaer2 itu. karena chip gyroscopenya dibuat di belanda, maka gw juga harus berpacu dengan waktu karena keberangkatan dosen tersebut ke belanda sudah dekat.

oh iya, selain gw ada beberapa teman yang mengerjakan TA di lab itu. Ada Andre dan paulus yang kemudian keluar duluan setelah lulus Juli. Tinggallah gw, Teguh, Erick, Yanwar, Firman, Icut, Sukman, dan Ian.

serunya mengerjakan TA di lab itu karena bisa bareng2. ada yang ingetin klo sdh ketinggalan. dan juga ada teman cerita klo sudah stress. dan pastinya teman makan siang, bahkan makan malam klo menginap di lab. gw sempat beberapa kali menginap di lab bareng erik dan sukman. dan gw juga sering bantuin teguh ngukur2 ketinggian gedung pakai sensornya dia. kadang orang2 yang lewat merasa aneh dengan melihat alat yang mirip pancingan dengan kolam kecil berisi air dilantai dasar. haha..

akhirnya gw, teguh, dan ian menyusul lulus oktober. kangen juga sih sebenarnya dengan teman2 dan lab. namun demi masa depan, kaki ini harus melangkah. walaupun gw cuma sekitar 6 bulan, tapi pengalamannya gak akan gw lupakan.

dan sekarang, jadwal STA menunjukkan teman2 yang lain akhirnya masu sidang untuk wisuda april. terharu.. haha

smangat yah…

*kita gak ada foto bareng nih.. gak pernah jadi…

Leave a Reply

Archives