Burake Hills Swimming Pool

Untuk melengkapi suasana sejuk cenderung dingin di Toraja, selain naik ke gunung, kita juga bisa berenang di beberapa tempat yang menyediakan kolam renang. Sebut saja Makula dengan sumber air panasnya dan Tilangnga’ dengan kolam dari alam. Selain itu ada beberapa hotel yang mempersilahkan masyarakat umum untuk menggunakan kolam renangnya.

Beberapa bulan yang lalu, sebuah kolam renang yang letaknya tepat di lembah gunung Burake dibuka untuk umum. Persisnya ada di kompleks perumahan Burake Hills. Lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan gerbang masuk ke wisata patung Yesus di puncak gunung Burake.

Untuk masuk ke kolam ini, biayanya cukup murah, hanya Rp 15.000,- untuk dewasa dan Rp 10.000,- untuk anak-anak. Kebersihan di arena ini cukup terjaga, semoga kedepannya tetap dipelihara. Pengelola membersihkan kolam ini setiap hari, jadi airnya dijamin bersih. Kolam ini dibuka mulai dari pukul 9 pagi hari. Saran saya jika ingin mengunjungi tempat ini, datanglah pagi-pagi karena tidak banyak orang.

Yang menarik dari kolam ini, selain ukurannya yang lumayan luas, pemandangan dari kolam ini sangat indah. Kita bisa melihat sebagian kota makale dengan ruma-rumah adat dimana-mana. Juga di kejauhan terlihat gunung-gunung yang tersusun rapih. Tak salah jika mereka memberi julukan tempat ini ‘hanging pool’. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah mengunjungi puncak gunung burake. Tersedia sebuah cafe’ kecil untuk sekedar mengisi perut dan minum minuman segar.

Panjang kolam ini sekitar 40 meter dengan lebar 15-20 meter. Bagian terdalam dari kolam ini adalah 2 meter. Terdapat pula kolam terpisah untuk anak kecil. Mereka juga menyiapkan pakaian renang, ban, dan alat renang lainnya untuk disewa. Sayangnya lantai disekitar kolam agak licin jika terkena air, jadi sebaiknya hati-hati.

Jalan menuju puncak gunung Burake

Leave a Reply