the alchemist

Semangat untuk menyongsong tahun yang baru makin membuncah. hari ini gw menyelesaikan membaca buku Paulo Coelho The Achemist. Walaupun gw beli dengan harga yang sangat murah untuk buku english version, tapi insight yang gw peroleh sangatlah mahal.

Buku ini dirilis dari tahun 1998, tapi gw bacanya baru sekarang. Niat untuk belinya sebenarnya dari 2 tahun yang lalu. but yeah, it’s me, a procrastinator. hehe. Sejak beberapa saat yang lalu gw menentukan tujuan gw *wets, all the universe conspires in helping me to achieved it, termasuk dengan membeli buku ini. hehe.. Fyi, sebenarnya bukan buku ini yang gw mau beli waktu itu, tapi akhirnya gw keluar dari kinokuniya membawa plastik biru berisi buku ini.

Buku ini bercerita tentang seorang anak muda yang mempunyai mimpi yang kemudian disebut Personal Legend dalam buku ini. Dalam upaya menggapai mimpinya, dia menemui banyak rintangan dan pergumulan batin. namun dia juga bertemu dengan orang-orang bijak yang membatu dia mencapai mimpinya tersebut.

Buku ini memuat banyak nasihat-nasihat bijak. Mungkin sudah tertuang dalam buku-buku lain, ge menemukan beberapa kesamaan dengan buku yang pernah gw baca, namun cara penyajian yang apik dan alur yang menarik membuat kita bisa lebih memaknainya. Continue reading “the alchemist”

cloud atlas

Satu film yang menurut gw wajib ditonton. judulnya Cloud Atlas. Film ini dirilis sejak bulan Oktober-Desember 2012.

Film ini diproduksi oleh Jerman yang diadaptasi dari sebuah novel oleh david Mitchel. Film ini sendiri disutradarai oleh Lana dan Andy Wachowski yang pernah membuat fil The Matrix. Jadi kebayang kan dari sutradaranya gimana bagusnya film ini. Apalagi dibintangi oleh Tom Hanks dan Halle Berry. Continue reading “cloud atlas”

beggar speaks english

First time I saw the woman when I attend the Sunday mass in st. Theresia church. The church located near from sarinah mall. Before i entered the gate, suddenly the women appeared in front of me. In a rush she made a cross with her right hand and looking at me. I know she made a wrong cross. I know there was an odd. that’s right, she asked me to give her some money for lost reason. She did not have some money to make her go home. I refused ( i have enough experience with this modus), but my friend was so curious and in a flash he gave her some money.

I just smiled at that time, and my friend stay dazed. for some reason I did not explain to him until the mass finished. In our way go home, I talked to him about the beggar modus. In big city like jakarta, we have to stay careful, not trust everyone. Their appearance can distract us and also their words. I shared some of my story and he just say “ow..”. that was his first experience with ‘smart beggar’. Continue reading “beggar speaks english”

pietà

one of the best movie in 2012. won many precious award. It is the first Korean film to win the top prize at one of the three major international film festivals — VeniceCannes and Berlin. [wiki].

iseng2 cari film terbaik di 2012, akhirnya nemu film ini. awalnya gw tertarik dengan judulnya ‘pieta’. dalam Katolik istilah pieta dikenal ketika Santa Maria memangku tubuh Yesus stelah disalibkan. The title refers to the Italian Pietà (piety/pity), signifying depictions of the Virgin Mary cradling the corpse of Jesus. [wiki].

tapi film ini tidak ada hubungannya dengan tradisi katolik. sang sutradara terispirasi mengambil judul dari ‘pieta’ tersebut karena mencerminkan hubungan ibu dengan anak.

tanpa baca sinopsisnya gw langsung donlot. ketika nonton, dari awal sudah tercium kalau film ini rada penuh dengan adegan kekerasan dan seksualitas. bahkan yang dianggap terlalu menyimpang. alur film ini lumayan lambat. ceritanya cukup pendek. dari awal kita akan terpancing untuk menjudge akhir ceritanya. namun ternyata endingnya berbeda.

film ini bercerita tentang seorang pria brutal yang bekerja pada seorang lintah darat. suatu ketika ia bertemu dengan ibunya. hal ini yang mengubah kisah hidupnya kemudian. kalau penasaran, silahkeun ditonton pilem na. – no spoiler.

film ini sangat pantas mendapatkan tiga award yang bergengsi. penilaian gw 7/10.

christmas and jokowi

Does jokowi celebrate chistmas too? NO.

today i celebrate Christmas eve with my friend at Cathedral Jakarta. I choosed cathedral because they always have good choir in mass service, especially in Christmas. unfortunately, i did not get a seat. when we enter the gate, the chair outside of cathedral already full. I tried to enter the church, wished there was still a seat. but, finally we decided to stand. yes, stand for 2 hours. although i had to stand, my place near from the altar.

before the mass began, suddenly all of participant applaused so laudly. what happen? i though that the procession has begun. apparently, jokowi showed up.

what a surprise. everybody move from their chair and get closer to him. took a picture and hand-shake, of course i get one hehe…  it was kinda ‘norak’ but i dont care. haha..

thanks jokowi for attend our christmas eve celebration. we always pray for you.

 jokowi with his 'smile'

Continue reading “christmas and jokowi”

Sundries of Trans Jakarta (2)

bule lucu

jadi har ini gw ke bogor buat ketemu klien. gw gak sendiri tapi bareng team dan orang jepang. karena mr. japan ini mau ke surabaya jam 8 malam, kami pulang cepat dengan harapan bisa tiba di hotel jam 4. tapi ternyata kami tiba jam 5.30. semua karena macet. setelah dari hotel mengantar mr. japan, kami menuu kantor. dari kantor gw langsung pulang. ngantuk euy. seperti biasa naik busway dan mesti ngantri. truss sudah, itu aja… :P. Continue reading “Sundries of Trans Jakarta (2)”

Sundries of Trans Jakarta (1)

satu batu dua burung

jadi saat itu gw berangkat dari halte bundaran HI menuju benhil. ketika tiba di duku atas, ada seorang wanita (w) yang tiba-tiba naik di pintu drop penumpang. harusnya dia kan ikut antri di pintu masuk. melihat itu petugasnya marah2. kebetulan ada mba jilbab (mj) dan mas2(mm).

mm : antri dong bu, jangan lewat sini. *sambil menutup pintu bus.

w : kan lansia *sambil bergerak cepat menuju ruang khusus wanita.

mj : lansia apanya, masih kuat gitu. semua orang jug antri bu  *dengan suara lantang.

ketika tiba di pintu naik penumpang, seorang bapak naik. Continue reading “Sundries of Trans Jakarta (1)”

5 cm

dangw nonton film ini. sebenarnya film ini bukan top-list gw sih, tapi karna jadwal yang sesuai dengan gw cuma film ini akhirnya gw beli tiketnya. penasaran isinya gimana, karna dulu pernah ada film jepang judulnya “5 cm persecond” gw kira isinya fisika, ternyata darama, dan baguss.. jadi harapan gw film 5 cm ini lumayanlah.

dan ternyata saudara2, tidak sesuai dengan perkiraan gw. film ini bukan lumayan, tapi bagus.

ini film drama indonesia kedua yang gw tonton di bioskop, setelah [sebelumnya] akhirnya gw menonton film “tanda tanya”. gw berprinsip sejak pertama kali nonton film di bioskop, gw gak akan nonton film drama indo di bioskop, karna menurut gw masih belum ‘layak’. jadi biasanya gw nonton lewat CD/DVD/file donlotan aja. gw mikir sayang duitnya. Jadi gw gak nonton film indo di bioskop? gak juga, gw malah sering nonton film horror indo di bioskop. tapi itu dulu, ketika horrornya masih wajar, jaman kuntilanak, tusuk jailangkung, bangku kosong, dll. sekarang mah murahan dan aneh..

ok. back to main discussion. jadi film ini diangkat dari novel karangan anak negri. gw belum baca sih. *gw juga gak baca novel indo.hehe.. bercerita tentang kisah persahabatan 5 orang anak muda yang sudah terjalin selama bertahun-tahun. sampai akhirnya mereka merasa bosan bertemu dan meutuskan untuk tidak berhubungan selama tiga bulan. sampai mereka bertemu lagi, mereka kemudian mendaki gunung semeru. *gw gak mau cerita detailnya. tapi di akhir cerita, asmara mereka cukup mengejutkan karena ternyata tidak seperti yang gw bayangkan. sebenarnya sempat tertebak, tapi kemudian ada scene yang menggoyahkan iman gw *naon. dan ternyata… Continue reading “5 cm”

barbershop

harus potong rambut tiap bulan? that’s me. iya, tiap bulan gw harus potong rambut. entah kenapa rambut gw cepat banget tumbuhnya. *atau perasaan gw aja? tapi yang pastinya gw gak pede dengan rambut yang panjang.

sebenarnya gw pengen manjangin rambut dikit, gak cepak mulu. tapi gw sering bingung ngaturnya gimana. apalagi klo habis bangun. rambutnya sudah kemana2 *tp kadang oke juga rambut after-sleep haha.. kalau cepak kan cepat ngaturnya. gak usah pake sisir. tinggal tarik sana tarik sini, jadi deh.

nah yang bikin malas adalah harus ke tempat potong rambutnya. bukan karna mahal atau jauh atau apa. tapi karna gw gak tau model rambut gw [mau] apa. funny isn’t it? haha..

jadi gw paling malas kalau ditanya “mau model rambut apa mas?” .

gw pasti jawab “dirapihin aja mba/mas”

atau ” dipotong dikit yah, jangan terlalu pendek”

atau ” modelnya kayak gini aja”

gw paling gak tau model rambut. dan gw gak bisa mendeskripsikannya dengan baik. zzz… maka itulah salah satu alasan kenapa gaya rambut gw itu2 aja dari jaman bahari.

pengen coba sih ganti dengan gaya lain (kayak artis2 di tipi emak). tapi ya itu dia, gw gak bisa jelasin dengan baik. dan pernah gw ke salah satu tempat potong rambut ternama, biasanya kan dikasih majalah tuh. ada model2 rambut artis2 atau model terkenal lah. trus gw memutuskan untuk milih ‘menu’ itu. karna gw pikir persediaan rambut gw memadai untuk model itu. haha..

“mba pengen kayak gini dong” dengan suara pelan, malu-malu kucing. Continue reading “barbershop”

caroling

Christmas is coming..!

i heard Christmas song every where, especially at mall. it makes me miss my hometown. *galau. unfortunately I can not celebrate the day with my family this year (probably). ok, that’s not the story.

i want to share a very joyful experience of mine. so, two days lately, me and my friends prepare a caroling performance at one of biggest mall in Jakarta. Actually this idea came from my friend several days ago, he said that the competition will be held on Sunday. that means we only have a day to rehearsal. so impulsive. :D . after decided the song, we have a rehearsal on Saturday.

jeng2..jeng.. the the day is coming.

we got the latest number. so we performed at the very very ending of the party. during the  waiting time, we did some vocalizing and of course listened to another participant. some choir get us down, they had a good preparation. but show must go on.

photo by gita

MC announced our team name, and we go on to the stage. a different atmosphere suddenly get in to my soul. it always like that when we have to sing in front of many people. haha.. nervous! . after take a deep breath, our conductor start to lead us.  Continue reading “caroling”

serba serbi busway

semua makhluk di bumi jakarta pasti tau yang namanya busway. moda transportasi yang diharapkan bisa mengurangi kemacetan di ibu kota, walaupun sampai saat ini belum begitu efektif. terlepas dari efektif atau tidaknya busway ini, ada sejumlah cerita menarik di trans jakarta ini, setidaknya dari kacamata gw. :)

> pada tau gak sih klo trans jakarta itu hasil percontohan dari salah satu negara di amerika selatan? tepatnya colombia. konon warnanya pun sama. :)

> sampai saat ini ada 11 koridor yang beroperasi di jakarta. menghubungkan semua distrik di ibukota. dari utara ke selatan, dari timur ke barat dan pastinya melewati pusat ibukota.

> halte central terletak di harmoni. halte yang lebih besar dari yang lainnya. hampir semua busway melewati halte ini, maka tidak heran kalau halte ini tidak pernah sepi, bahkan terkadang kelebihan kapasitas.

> antrian panjang adalah hal yang lumrah di semua halte busway. apalagi di harmoni dan dukuh atas. kadang antrian sampai ke jembatan penyembrangan. cape deh. Continue reading “serba serbi busway”

yoshinoya

ini bukan iklan.

call me katro. hehe.. untuk pertama kalinya gw makan di yoshinoya grand indonesia. sudah berapa lama diajakin teman makan disini tapi males. karna dikasi tau klo mirip2 hok**en. dengar nama itu gw sudah males. yang ada di pikiran gw “bosan”. beberapa tahun yang lalu dalam seminggu gw makan ho***en hampir tiap hari, dan enegnya masih kerasa sampai sekarang.

namun karan gak ada pilihan lain, gw ikut teman makan di yoshinoya. liat restonya lumayan [sangat] rame. harus antri, mungkin karena jam makan siang. gw pesan original beef bowl. pas nyium baunya, sepertinya menarik.

pas daging sapi dan nasinya menyentuh lidah, gw langsung diem. enakkk… nyoba supnya, enakk.. paduan bumbunya pas. dan ransanya gak kayak tetangga. ada yang beda. mudah2an gak bikin eneg nantinya. haha..

sapai selesai makan, kayaknya gw sudah 7 kali bilang “kok enak sih”..

call me katro. :D

surprised

di pagi hari yang indah itu, setelah gw berjuang melewati kemacetan Jakarta di pagi hari (bukan gw sih, tapi supir bus), akhirnya gw tiba di kantor dengan perasaan yang biasa-biasa aja. sampai..

YAAA…….

seorang cewek, teman kantor gw, mengejutkan gw ketika gw masuk ruangan. tampak dia tertawa penuh kemenangan berhasil mengejutkan gw. gw hanya bisa tertegun melihat dia. kami memang belum terlalu akrab, tapi pagi itu beda. haha..

gak tau sih sebenarnya dia emang mau ngerjain gw atau dia salah orang, hehe. karna setelah gw masuk, duduk dan ngobrol bentar bareng dia, seseorang masuk dan sepertinya mereka sudah janjian sebelumnya. klo emang dia salah, gw akui aktingnya sangat oke. :)

gak peduli, tapi peristiwa itu sempat bikin gw senyum2 sendiri sampai malam.. hahaha…. bodor..

sekian