today, a year ago

setahun yang lalu, hari ini merupakan hari raya idul fitri. mungkin bagi kebanyakan orang merupakan hari untuk berkumpul dengan keluarga karena liburan. namun tidak demikian dengan gw. seperti 3 lebaran sebelumnya gw menghabiskan waktu di bandung. namun lebaran kali ini jauh lebih ‘memprihatinkan’.

Jadi selama bulan agustus 2011 gw harus mengurus dua hal yang sangat urgent. ict dan TA gw. dimana keputusan gw  berangkat ke italy bergantung pada keberhasilan ta gw. cobaan demi cobaan datang. mulai dari komponen rangkaian gw yang sulit untuk didapat, masalah dengan lembaga kemahasiswaan, duit untuk berangkat belum rampung, tiket pesawat, visa. semua berkumpul jadi satu.

Puncaknya ketika libur menjelang lebaran. kampus tutup, bahkan semua pintu lab di PAU disegel. beneran  disegel. gilak.. untung gw sudah mengantisipasi sebelumnya, gw minjam alat ukur osiloskop ke dosen gw. walaupun mustahil untuk dibawa ke luar lab (kata asisten belum pernah ada yang berhasil membawanya keluar), tapi akhirnya bisa juga. jadilah kamar gw lab dadakan. seminggu lewat belum mendapatkan hasil. tiap hari dikamar dari pagi sampai malam hanya untuk ngambil data.

Sampai akhirnya keajaiban datang, rangkaian gw berhasil. setelah masuk kuliah, gw mengajukan untuk sidang september. kata dosen boleh aja sih, toh masih beberapa minggu.  namun gw bilang lagi ke dosen,

tapi saya harus ke italy selama 10 hari. huoo.. kayaknya bakalan impossible. dengan beberapa pertimbangan gw diijinkan dengan beberapa syarat, harus bikin buku TA sampai 90 %, presentasi, dan juga paper dalam seminggu.

yosh! fighting! , *sambil pasang ikat kepala, gw berusaha semampu gw. sambil TA sambil ngurusin keberangkatan tim ke italy. sampai akhirnya gw bisa berangkat dengan dramatis. hahha..

detail berikutnya baca disini..

words

Jangan terlalu berharap pd orang lain. Kadang mereka tak ada ketika kamu butuh, dan kamu harus jadi PAHLAWAN bagi dirimu sendiri.

Terkadang meski seseorang telah membuatmu menangis karena berkata dusta, kamu tetap tak mampu tuk ucapkan selamat tinggal padanya.

Hidup berakhir saat kamu berhenti bermimpi. Harapan hilang saat kamu berhenti percaya. Dan cinta gagal saat kamu berhenti peduli.

Daripada terus memikirkan hal buruk yg mungkin terjadi dalam hidupmu, lebih baik bersyukur akan hal baik yg telah menghiasi harimu.

Cintai seseorang bukan karena siapa dirinya, tapi karena siapa dirimu ketika bersamanya.

Terkadang, kamu harus kehilangan sesuatu yg berarti tuk bisa menyadari dan mensyukuri apa yg kamu miliki saat ini.

Jangan takut mencoba hal baru dalam hidupmu. Jika kamu berhasil, kamu akan bahagia. Jika tidak, kamu akan lebih bijaksana.

there is [no] coincidence

tidak ada yang kebetulan dalam hidup ini. Kalimat ini pasti sudah sering kita dengar. apalagi di masa-masa galau *taulah yah. Namun seberapa benarkah pernyataan itu? Dari sudut pandang agama yang gw anut, kebetulan itu tidak ada, karena semuanya sudah diatur olehNya, jauh sebelum kita hadir di dunia ini. dan beberapa orang juga men-tabu-kan kata2 ini.

something happen for a reason. sesuatu terjadi karena alasan tertentu.  

Saat ini gw lagi ngikutin sebuah serial yang judulnya Touch. Serial ini menceritakan seorang anak yang ‘autis’ dimana dia sibuk dengan dirinya sendiri. sejak lahir dia tidak pernah mengeluarkan kata-kata dari mulutnya. Dia diasuh oleh ayahnya seorang diri karena ibunya sudah meninggal karena peristiwa 11 september 2001. Yang menarik dari film ini adalah angka-angka. Jadi kebiasaan ‘aneh’ anak ini adalah bermain dengan angka dan pattern. Angka-angka ini dia tulis di sebuah buku catatan secara berulang-ulang. Sampai suatu ketika ayahnya sadar kalau angka tersebut memiliki arti. Dan akhirnya ayahnya bertemu dengan seorang dokter yang pernah menyelidiki ‘keajaiban’ ini. Kata dokter tersebut angka ini merupakan representasi dari universe ini. Ada sebuah deret yang bisa mewakili alam semesta ini. Dari situ si Ayah mulai mengalamai berbagai macam kejadian bersarkan angka2 yang ditulis oleh anaknya. Dari sini ‘dibuktikan’ bahwa semua kejadian di dunia ini tidak ada yang kebetulan.

ada hal-hal yang tidak dapat dibuktikan oleh sains tapi dapat dijabarkan oleh iman.

filmnya rekomen dah :)..

quick post : sand storm

badai pasir di ciheras. ketika mau mencoba rangkaian controller yang baru gw rancang, tiba2 badai datang. angin kencang, bumi gonjang ganjing . *lebay. tapi anginnya benar2 parah. gw yang langsing ini hampir kebawa angin. klo angin doang sih gak apa2, tapi pasirnya itu. klo pasirnya diam di pantai kelihatan indah, tapi klo dah terbang kesana kemari itu musibah. padahal baru beres mandi. alhasil badan penuh pasir. terutama kepala/rambut.

– seki…

Continue reading “quick post : sand storm”

travellers

we are all travelers who ought to go a long journey before us. though each one of us started this journey at a different time. some are walking lightly. some are walking even one step very heavily. nobody knows when this journey ends. but everyone knows that there is an end.

because the way we are walking on is lonely and tough we all are seeking for a partner to walk together. we think that if there’s somebody to love me and to be with me, this journey won’t be a problem. that only with enough expenditure, this long journey won’t be so tough. that provided many people acknowledge me, i might even enjoy this journey.

but we are missing that it is impossible for anyone to walk together with us till the end. nobody can lead us from the end of this journey into a new one. except Him only…

there are several people who are carring a ladder to cross into a new road. sometimes they feel pressured by the ladder. but knowing the value of it the walk with gladnes. many are walking without knowing the value of walking with Him..

other have gone for someone else. forgetting the importance of walking with Him. those who are walking with him to introduce the true companionship to others those who are far from this followship need to remember that He is waiting for them to walk together again and those who have not found the true friend yet on this journey would meet Him now…

Now…

Continue reading “travellers”

ciheras (1)

akhirnya selama 4 tahun gw bisa melewatkan 17 agustus dan lebaran di tempat lain selain bandung, tepatnya di kost. hehehe..  secara gw gak ikut mudik klo libur lebaran. jadi ceritanya selama seminggu lalu gw ikut proyek teman di ciheras mengenani wind-turbine untuk pembangkit listrik tenaga angin. gw dapat infonya dari milist himpunan. karena tidak ada kegiatan langsung gw apply aja dan akhrirnya dapat. setelah disepakati gw kesana tanggal 16 agustus.

gw merencanakan untuk berangkat pagi karena katanya perjalanan kesana paling cepat 7 jam. sebelumnya gw ikut misa pagi dulu di laurent trus langsung berangkat naik angkot ledeng ke terminal caheum. sampai di terminal ternyata sudah banyak yang antri, maklum lagi musim mudik. seharusnya gw naik bus budiman tapi karena menunggu lama, gw naik bus tambahan. yang ternyata ongkosnya dua kali lipat. mahall… kesel, karena sebelum naik kata kernetnya harga sama dengan budiman. ternyata penipuan.. -__-.

perjalanan ke ciheras cukup jauh. dari bandung naik bus ke terminal indihiyang tasikmalaya. kira2 4 jam. kemudian lanjut ke terminal ciheras kira2 4 jam juga. gw sampai di lokasi kira2 jam 4 sore. gw dijemput salah satu anggota tim.

gw langsung terpesona ketika melihat lokasinya. ada pantai. haha.. selain itu keadaan daerah yang lumayan terpencil dan basecamp yang apa adanya. mirip pondok2 di tengah hutan. namun ini tidak menyurutkan niat gw. malah makin tertarik.

selama seminggu gw ikut ngerjaain pengukuran rutin dan juga membuat rancangan untuk rangkaian charging controller. pengukuran harus dilakukan 24 jam dengan interval jam tertentu. untuk logistik dan tempat tinggal kita harus tinggal di pondok , makan dan mandi di rumah penduduk. :) penduduk disana cukup ramah.

yang paling menarik adalah ketika waktu senggang, bisa jalan2 ke pantai. pantainya luass. seluas mata memandang. hehe.. pagi hari bisa liat sunrise, sorenya bisa liat sun set. sungguh indah. siangnya bisa berenang di pantai atau hanya jalan2 tanpa alas kaki. kadang nyari kerang juga di bawah pasir dengan alat seadanya. trus dibakar di perapian. soal rasa pasti enak dan segar.

disana juga ketemu teman2 yang luar biasa dengan komitmen yang besar. juga bertemu mentor yang sudah berpengalaman di jepang. kesempatan yang sangat berharga bisa berjumpa dengan mereka.

namun gak semuanya menyenangkan. ada keselnya juga. namun ini terasa setelah balik lagi ke bandung. perjalanan yang harusnya cuma 7-8 jam gw tempuh selama 16 jam. -__-. gara2 arus balik.

foto2 bisa diliat disini

<

p style=”text-align: justify;”>

kawah putih

bareng seorang teman akhirnya gw menginjakkan kaki di kawah putih. haha.. 4 tahun lebih di bandung tapi belum pernah ke sini. what a shame.. jadi kali ini gw menemani dia jalan2 sebelum pulang ke toraja.

perjalanan kami mulai dari stasiun hall menuju leuwi panjang. pakai angkot antapani ke jalan jakarta. kirain dekat ternyata jauh bener. rutenya muter. tau gitu naik damri aja. kira2 ada sejam kami akhirnya sampai di terminal.

dari beberapa referensi yang gw baca, gw menuju samping terminal dimana ada angkutan elf menuju ciwidey. dan kahirnya gw membuktikan betapa ‘uniknya’ angkutan ini. elf tua yang harusnya diisi oleh 10 penumpang bisa diisi oleh 17 orang. pasti bingung kan mau ditempatkan dimana aja, intinya semua space yang ada digunakan sebaik2nya. bahkan di samping pak supir ada 3 orang. haha. gw sendiri harus melipat badan agar bisa masuk. penderitaan itu beralangsung selama 3 jam ketika kami sampai di ciwidey. dari ciwidey kami melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot kuning.

angkot ini cukup lowong, tidak perlu menunggu lama. perjalanan menanjak mulai terasa. terlihat pemandangan desa yang indah. perjalanan selama 2 jam menghantar kami ke depan gerbang kawah putih. ternyata kawasan ini cukup tertata rapih. dengan parkir yang luas. sekali lagi gw membuktikan ‘uniknya’ daerah wisata ini. mahalll… bayangkan aja satu mobil dikenakan biaya 150rb untuk masuk. belum tiket per orang. kali ini kami harus menggunakan ontang anting untuk naik ke atas. harus nunggu 13 orang. karena kami ketinggalan rombongan sebelumnya, kami memutuskan untuk makan sambil menunggu. kemudian ada turist 4 orang dari taiwan. gw tawari untuk naik bareng dengan membagi rata biaya angkutan.

setelah deal2an kami akhirnya berangkat menuju puncak. sekitar 30 menit. turist dari taiwan ini sangat antusias. gw yang sudah pake jacket kedinginan, dia   malah dengan santainya foto2 dengan tanktop yang dia pakai. sudah biasa kali yah.. turistnya baik dan cantik. haha.. gw lupa namanya. gw sempat bantuin dia motret. kameranya juga bagus.. jadi pengen..

 

singkat cerita kami menghabiskan sejam untuk mengeksplor kawah putih. ternyata kawah putih bener2 indah. objek wisata yang harus dilestarikan. kawahnya yang berwarna putih berpadu indah dengan pasir dan tebing disekitarnya. pohon2 yang meranggas akibat uap belerang menambah keeksotikan daerah ini.

stelah puas foto dan jalan2. kami akhirnya memutuskan untuk turun dan melanjutkan perjalanan.

 

situ patenggang

dari lokasi kawah putih kami lanjut ke situ patenggang. situ dalam bahasa sunda artinya danau. danau ini perada di daerah patengan. dari kawah putih cukup naik angkot kuning. perjalanan kira2 ditempuh selama 30 menit. dalam perjalanan terlihat pemandangan seperti permadani hijau. ini karena daerah sekitar merupakan perkebunan teh. jadi sejauh mata memandang akan terlihat hamparan hijaunya teh yang mengikuti kontur permukaan yang bergunung2.

sampai di situ hujan turun deras. kami harus menunggu beberapa saat sampai hujan mulai reda. untuk mengatasi kedinginan, gorengan sangatlah tepat. gorengan disini cukup mahal, seribu perbuah. namun rasanya worth lah buat harga segitu. enak pisan.

karena hujan, kami hanya bisa memandang situ yang luas ini dari gazebo. dalam situ terdapat pulau kecil. tampak perahu2 masyarakat sekitar yang biasanya disewakan kepada pengunjung untuk mengintari situ ini. namun karena hujan, tidak tampak penyewa perahu satu pun.

setelah puas memandang kami memutuskan untuk pulang karena hari sudah sore. takut tidak dapat angkutan lagi. sialnya, stelah di angkot hujan berhenti. huoo… tau gitu bisa nunggu bentar lagi. tapi apa boleh buat, kami harus lanjut. diperjalanan hujan agak labil, kadang deras kadang berhenti. kedinginan merasuk sampai ke tulang. namun ketika sampai di ciwidey, hujan sudah berhenti. bahkan tanah terlihat kering kerontang pertandan hujan tak menyentuh daerah ini.

dari ciwidey kami naik elf lagi. keadaan masih sama harus berdesakan, bahakan lebih parah dari sebelumnya. ditambah kemacetan setelah melewati soreang menuju lewipanjang. hari sudah gelap ketika kami sampai di terminal.

to be ‘perfect’

made a wrong turn, once or twice even more. dug my way out, blood and fire. bad decisions, that’s not alright. welcome to my silly life.  mistreat, misplace, misunderstand. miss, no way it’s no good, it did slow me down. mistaken, always second guessing. underestimate , look, I’m still around

you’re so mean when you talk. about myself, you are wrong. change the voices in your head. make them like you instead. so complicated, look how big i’ll make it. filled with so much hatred, such a tired game. it’s enough, I’ve done all i can think of chased down all my demons, see I do the same.

why do I do that? i let so many chance gone.

so, let fix it! because i’m perfect.