Device and IC Processing Laboratory

Pertama kali ke lab ini ketika mengambil kuliah Teknologi IC. Waktu itu kami diajak mengunjungi ruang pabrikasi IC di PAU. kereenn.. apalagi clean roomnya. masuk sudah kayak astronot aja.

dan ternyata takdir mempertemukan gw lagi dengan lab ini. ketika itu gw ganti topik dan ganti dosen. #nekat. awalnya gw datang ke pak irman untuk melamar beliau menjadi dosen pembimbing dengan membawa topik yang gw bawa dari LIPI bandung. namun hasilnya ditolak karena teknologinya sudah ketinggalan. namun gw gak langsung diusir begitu aja. gw kemudian diberikan tawaran mengenai penelitian bersama univ hirosima di jepang. jadinya gw diberikan sebuah buku yang berisi topik2 penelitian di sana.

namun mungkin bukan jodoh, setelah gw mengajukan topik yang berbau IC analog yang ketika itu menjadi favorit gw, gw malah ditawarkan project lain untuk membantu seorang dosen yang sedang menyusun disertasi dengan topik gyroscope. setelah diberikan beberapa penjelasan gw menyanggupinya.

topiknya lumayan asik. sampai2 gw membaca semua paper yang dikasih dosen tersebut dan juga mencari2 di internet. mungkin antara bingung dan penasaran, gw sampai menghabiskan beberapa minggu untuk studi litelatru doang. akhirnya gw ditegur jangan sampai tenggelam dengan papaer2 itu. karena chip gyroscopenya dibuat di belanda, maka gw juga harus berpacu dengan waktu karena keberangkatan dosen tersebut ke belanda sudah dekat.

oh iya, selain gw ada beberapa teman yang mengerjakan TA di lab itu. Ada Andre dan paulus yang kemudian keluar duluan setelah lulus Juli. Tinggallah gw, Teguh, Erick, Yanwar, Firman, Icut, Sukman, dan Ian.

serunya mengerjakan TA di lab itu karena bisa bareng2. ada yang ingetin klo sdh ketinggalan. dan juga ada teman cerita klo sudah stress. dan pastinya teman makan siang, bahkan makan malam klo menginap di lab. gw sempat beberapa kali menginap di lab bareng erik dan sukman. dan gw juga sering bantuin teguh ngukur2 ketinggian gedung pakai sensornya dia. kadang orang2 yang lewat merasa aneh dengan melihat alat yang mirip pancingan dengan kolam kecil berisi air dilantai dasar. haha..

akhirnya gw, teguh, dan ian menyusul lulus oktober. kangen juga sih sebenarnya dengan teman2 dan lab. namun demi masa depan, kaki ini harus melangkah. walaupun gw cuma sekitar 6 bulan, tapi pengalamannya gak akan gw lupakan.

dan sekarang, jadwal STA menunjukkan teman2 yang lain akhirnya masu sidang untuk wisuda april. terharu.. haha

smangat yah…

*kita gak ada foto bareng nih.. gak pernah jadi…

dari sahabat

hari ini dapat pelajaran berharga dari seorang sahabat. sahabat memang orang terdekat yang dapat memberikan masukan ketika kita mempunyai masalah.

entah mengapa, gw belum bisa belajar dari pengalaman2 sebelumnya. padahal hal ini boleh dibilang sudah sering gw alami. mungkin kemampuan gw belum sampai tahap itu sehingga gw dikasih masalah sejenis beberapa kali.

yang gw dapat hari ini adalah, pikiranmu adalah teman sekaligus musuhmu. olehkarena itu jangan sampai pikiran yang membawamu ke malasah yang lebih berat. jangan membuat masalah yang seharusnya tidak ada, namun ada karena pikiran kita sendiri.

seperti kata pepatah, musuh terbesar adalah diri kita sendiri.

windows phone

kereenn…

itulah kata pertama ketika gw memegang hp nokia lumia 800. sebuah smarthphone berbasis windows yang dikeluarkan oleh raksasa seluler nokia. sebuah project yang katanya menentukan masa depan perusahaan dari filandia ini. tapi gw yakin, hp windows phone pasti laku.

sebagai seorang pecinta microsoft windows, gw langsung jatuh cinta ketika pertama kali melihat review2 di internet. user interface yang jauh berbeda dengan apple, apalagi android yang meniru apple.

tampilan yang kotak2 dengan warna pastel menambah kesan elegan pada hp ini. satu lagi yang paling menarik adalah, penataan font yang dipakai windows. terkesan lebih ‘profesional’ dengan menggunakan font segoe-wp. besar kecilnya diatur sedemikian rupa. dan masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki.

namun hp ini hanya bisa gw pegang beberapa menit. hanya sebuah dummy di toko ponsel. pengen banget beli. seandainya ada yang meminjamkan credit-card pasti gw beli. klo kredit masih bisalah. haha.. gak tahan lagi harus nabung…

harapan

Sebab sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya, bahwa ia akan menjadi bapa banyak bangsa, menurut yang telah difirmankan: “Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.” (Roma 4:18)

Tekad dan harapan adalah dua ‘sahabat’ yang akan mendampingi kita mencapai sukses. Harapan akan membuat kita tersenyum, saat semua orang menangis. Harapan membuat kepala kita tetap tegak menatap jauh ke depan, saat begitu banyak tantangan yang menghadang. Harapan merupakan kekuatan yang diberikan Tuhan agar kita dapat terus berjuang. Harapan akan menunjukkan arah, ketika kita mulai kehilangan tujuan.

Hidup akan terasa lebih hidup jika kita masih menyimpan sejuta harapan dan tekad di hati. Banyak hal yang dapat kita raih dan wujudkan dengan sebuah harapan, karena itu jangan pernah kehilangan harapan dan tekad di dalam hidup Anda.

Tidak ada yang dapat dicapai sebelum Anda memulainya. Kesuksesan akan lebih cepat diperoleh saat Anda mengharapkannya.
Happy weekend. GBU

dari : BMSPS

dirgahayu

dirgahayu 50 tahun

PSM-ITB

sekilas –

psm-itb merupakan salah satu unit kegiatan tertua di institut teknologi bandung. bahkan merupakan unit seni pertama di itb dan paduan suara mahasiswa pertama di indonesia. sungguh suatu prestasi yang luar biasa, bisa menjadi penggerak dunia kepaduan suaraan di indonesia. terbukti dari konsistensi psm-itb dalam menyelenggarakan kompetisi dwitahunan, fps-itb, hingga sampai 2010 merupakan penyelenggaraan ke-22. maka tidak salah jika psm-itb merupakan barometer indonesia di bidang paduan suara.

dibentuk pada tahun 1962, psm-itb merupakan unit yang sangat dekat dengan rektorat itb. karena hampir disetiap kegiatan resmi itb, psm-itb hadir sebagai bagian dari protokoler. prestasi yang dicapai pun sudah banyak, mulai dari tingkat daerah sampai internasional.

psm-itb tidak lepas dari sejarah panjang kampus itb

mungkin tidak salah jika gw menyebut psm-itb merupakan bagian penting dari pilosofi itb yakni art, science and technology. kampus yang mengutamakan keharmonisan dalam perkembangan. in harmonia progressio.

kesan –

ketika sidang terbuka penerimaan mahasiswa baru itb tahun 2007, psm-itb tampil membawakan mars itb dengan sangat baik sehingga membangkitkan semangat sebagai mahasiswa baru untuk menuntut ilmu di kampus ganesha ini. sejak saat itu gw memutuskan untuk masuk ke unit ini.

pertama kali masuk sudah disuguhi dengan berbagai macam kegiatan keorganisasian. sangat menyenangkan. terutama ketika menjelang fps 2008. disitu gw melihat betapa seriusnya organisasi ini dalam menyelenggarakan kegiatan. salut buat teman2 pendahulu yang tetap menjaga tradisi ini. selain itu banyak kegiatan-kegiatan lain seperti ‘proyek’. disini kami menyebut proyek untuk kegiatan mengisi sebuah acara dengan membawakan lagu yang telah diberikan kepada kami. proyek pertama gw adalah ketiga temu alumni ITB di jakarta. sangat senang karena proyek pertama langsung ke jakarta. selain itu gw bisa bertemu dan menyanyi di depan ibu miranda gultom dan bapak hatta radjasa. suatu kesempatan yang langka.

itulah psm-itb, selalu dekat dengan orang-orang penting di negri ini. mulai dari pengusaha, gubernur, menteri, bahkan konon pernah dengan mantan presiden. hal yang tidak mudah didapatkan di unit lain. :). selain orang2 penting di bidang politik, di dunia paduan suara pun psm itb sangat dekat dengan maestro2. sebut saja ananda sukarlan, adi ms, binu s. sukaman, aning katamsi, dll. bahkan level internasional pun banyak, seperti brady alred, jonathan velasco, mark anthony, the madz, dll.

jika kampus itb sudah go internasional,

psm-itb pun sudah mendampinginya

sejak awal didirikannya, unit ini sudah dijalankan oleh beribu2 mahasiswa itb. mulai dari jaman kuliah lebih dari sepuluh tahun sampai kuliah tidak boleh lebih dari 6 tahun. dengan demikian alumni yang telah ‘dicetak’ oleh psm itb sudah beribu pula jumlahnya. walaupun terkendala lintas generasi, kesatuan para insan psm-itb tetap terjaga dalam satu ikatan yakni ikatan alumni psm itb. ternyata walaupun sudah uzur, hehe, alumni tua pun masih tetap semangat untuk terus berkontribusi di psm-itb. terbukti dari acara2 yang dilakukan psm-itb selalu diberi dukungan. bahkan mereka masih ikut bernyanyi dengan riangnya di konser alumni.

manusia yang bertambah tua pasti sudah banyak makan asam garam dalam kehidupan ini. demikian pula psm-itb. unit ini penuh dengan cerita yang mungkin tidak akan mampu terucapkan hanya dalam sebuah tulisan. setiap kepengurusan mempunyai gaya masing-masing. setiap generasi mempunyai idealisme tersendiri. ibarat dalam pemerintahan selalu ada generasi muda dan generasi muda. pemikiran yang berbeda kadang memberikan dampak yang baik kadang pula buruk. hal itu juga tidak dapat dihindarkan dalam unit ini. namun gw yakin semua mempunyai tujuan yang sama yaitu memajukan unit ini, walupun dengan cara masing-masing.

konflik mungkin bukan hal baru dari sebuah organisasi. konflik tidak harus dihilangkan tapi harus ‘dimanfaatkan’. bukan berarti sengaja membuat konflik, tapi kadang konflik memberikan gambaran lain terhadap suatu masalah. ketika ada empat orang bernyanyi sesuai dengan part mereka masing2, mungkin mereka mengatakan suara mereka paling bagus. mereka tidak sadar, ketika suara mereka disatukan, akan tercipta harmony yang lebih indah.

menghormati orang lain dan bekerjasama. itu prinsip dasar dalam paduan suara

gw sendiri bangga pernah ikut bergabung dalam unit ini. unit ini mengajarkan bagaimana berorganisasi yang lebih profesional dari biasanya. bagaimana mengatur diri sendiri dan mengatur orang lain. pengalaman bertemu dengan orang-orang besar. teman-teman yang hebat. psm-itb memberikan bekal yang sangat berguna di dunia luar setelah berjuang di kampus itb. teringat ketika ibu merlyna lim, salah satu alumni paling cemerlang menurut gw, diwawancarai di kick andy, dia mengatakan kira-kira seperti ini “saya besar di organisasi paduan suara itb”.

gw yakin, psm-itb ikut andil dalam kesuksesan orang-orang yang pernah serius beraktifitas diunit ini

ya walaupun dengan ikut organisasi ini, kegiatan gw diluar akademik sangat minim. haha. itu konsekuensi yang harus gw ambil. tidak aktif di himpunan bahkan. *gw ini anggota bisa lho di himp, bukan hanya anggota muda :D. pengalaman ‘mengorbankan’ kuliah juga tak lepas dari unit ini, setidaknya di gw sendiri. gw pernah bolos seminggu kuliah hanya karna jadi panitia di fps 2008. gw ngurusin tiketing. gak tau, klo gw ninggalin acara serasa gak enak kuliah. jadinya paling gw nitip absen atau ijin. selain itu jika ada latihan dan besoknya ujian, gw tetap datang. * hadoh.. kurang apalagi coba. untungnya gw orang yg tipe memperhatikan dosen, jadi gak usah terlalu banyak belajar di rumah. *sedikit sombong. selain itu jika ada proyek ‘menarik‘ atau mau gak mau gw harus ada, mending gw cabut kuliah, selama itu bukan kuis atau ujian. untungnya kuliah gw lancar2 aja. bahkan ip gw tertinggi ketika gw jadi pengurus. * ini sudah sangat sombong. back to topic.

banyak duka tapi lebih banyak suka, percayalah 

harapan –

semoga psm-itb tetap menjadi yang terbaik, menjadi contoh buat unit2 lain. menjadi pencetak insan2 itb yang tidak hanya kuliah tapi juga penuh dengan softskil. semoga psm-itb selalu mengharumkan nama kampus ganesha. semoga psm-itb tetap berprestasi. semoga psm-itb tetap ada sampai anak-cucu-cicit kami nanti masuk itb. yosh!

psm-itb jaya

pesan –

dengan usia 50 tahun ini, mari mulai berbenah untuk menjadi yang lebih baik. kami semua menyayangimu. bijaklah dalam bertindak.

tidak semua yang kita dengarkan itu benar 

ps. semua avatar2 sebelumnya memiliki dosa masing-masing, jadikanlah pelajaran yang bisa mendewasakan diri. sorry for what we  have done. ;)

nate

interviewer (2)

panik adalah ketika hal2 yang mungkin ditanyakan dalam wawancara  yang telah anda susun ternyata tidak ditanyakan oleh sang interviewer.

– sekian –

ini pengalaman pribadi. setelah sebelumnya melalui 5 tahap tes akhirnya dipanggil untuk wawancara user sebelum BOD. bukan rahasia lagi klo biasanya ketika wawancara user yang ditanyakan bukanlah hal teknis. paling seputar personality. jadinya sebelum hari H gw latihan bagaimana ‘menjual’ personality gw ke interviewer. mulai dari perkenalan sampai kelebihan kekurangan.

hari H gw memasuki ruangan. sudah ada dua orang user. setelah mereka memperkenalkan diri, gw sudah siap2 dengan rutinitas ” ok. explain about yourself”.

namun bukan pertanyaan itu yang muncul. yang ada adalah ” Ok. explain about your final project”.

seketika waktu serasa berjalan lambat,

satu detik. ( apa? TA? )

dua detik.  ( tunggu bentar )

tiga detik.  (  OMG, judul TA gw apa? )

empat detik. ( judul..judul.. )

lima detik (  oh iya, something about gyroscope ).

detik keenam.. gw mulai menjelaskan SEADANYA. gak sistematis sama sekali. mungkin mereka malah bingung. gw sendiri bingung apa yang pernah gw bikin. berusaha mengulur waktu, mengulang hal yang sudah gw ucapkan sebelumnya. totally blank. akhirnya selama beberapa menit gw menjelaskan dengan bahasa ingris yang belepotan dan istilah2 dalam TA yang gw sendiri sudah lupa. (malu sama dosen pembimbing -__-. )

percaya gak percaya. selanjutnya mereka menanyakan hal2 teknis. gak ada pertanyaan pengalaman organisasi, kelebihan, kekurangan, motivasi, dll. lanjut ke pengalaman KP, asistensi, dan beberapa hal tentang industri. yah gw berusaha sebisa mungkin agar dapat memukau mereka. untungnya klo ini lebih simple.

image

yah klo sudah begitu tinggal menunggu hasil saja.

sebelum pulang, orang HRnya bilang ” hasilnya silahkan ditunggu 2 minggu. kalau lolos akan kami hubungi via telpon dan email, kalau tidak lolos tidak akan ada pemberitahuan. terima kasih “.

insight yg bisa diambil adalah .

pertama : jangan menganggap remeh isi TA kalian. mungkin anda berfikir dua bulan, tiga bulan, isi TA anda masih melekat di kepala anda. bahkan sehari setelah sidang, kehidupan anda sudah berubah. anda berada di dunia yang baru. PERCAYALAH. walaupun beberapa hari kedepan anda pasti mengerjakan revisi.

kedua : persiapkan semua hal sebelum wawancara. wawancara apapun, HR, user, BOD. karna mitos wawancara user dan BOD hanya personality-test tidak sepenuhnya benar.

ketiga : sebaiknya menjaga konsentrasi sebelum wawancara. gw sebelumnya malah asik ngobrol2 dengan kandidat dari univ lain. ui, its, ugm. yang harusnya gw jam 11, jam 10.30 tiba2 sudah dipanggil. akhirnya gak konsentrasi pas wawancara.

ps. sebelumnya di wawancara HR sudah ditanyakan ttng TA dan gw menjawab dengan lancar-jaya, tapi itu 2 bulan yang lalu…

humor kecoak

prolog :

hewan yang paling menggelikan di dunia. sshh..

percakapan dua orang sahabat di supermarket.

A : ini kan pembasmi kecoak yang baru. kayak kapur gitu.

B : ohh.. kapur ajaib yah..

A : iya, emang cara pakainya kek gimana?

B : tulis aja di didinding pakai kapur itu. KECOAK DILARANG MASUK.

A : oh iya?

B : *^*$^#(*$__(%*$&&

 

 

interviewer

sesungguhnya, akan sangat berguna jika kamu mencari info/profil orang yang akan memwawancarai kamu ketika melamar pekerjaan.

jangan pernah mencantumkan alamat blog pribadi kamu di signature email konfirmasi.

-sekian-