penggusuran tamansari

pagi itu cucian gw menumpuk. hampir seminggu sejak tukang cuci di kost sudah gak langganan lagi, gw harus nyuci sendiri. ternyta tidak mudah, kegiatan yang sudah lama tidak gw lakukan. selain karena capek, musim hujan mulai datang jadi agak ribet klo nyuci sendiri. akhirnya gw memutuskan untuk laundry aja.

gw langsung menghubungi salah satu teman yang pernah laundry di taman sari. gw gak milih di plesiran karena gw punya pengalaman buruk, baju gw hilang. huh.. setelah dapat nomor kontak laundrynya, gw langsung sms.

” mas, laundrynya tutup jam berapa yah? ”

beberapa saat kemudian sms gw dibalas ” hari ini sampai jam 4 saja, karena tempat kami mau dibongkar ”

hmm.. maskudnya apa yah? .. gw gak jadi disitu.

awalnya gw pikir dia mau pindah, tapi ternyata tidak. siang harinya gw ke kampus naik angkot, ternyata para pedagang dan toko disitu mulai berbenah. mengambil barang-barang mereka dan mengambil bagian bangunan yang masih bisa dipakai.

ternyata Continue reading “penggusuran tamansari”

spaghetti

laci penyimpanan stock makanan hanya diisi oleh cemilan-cemilan biasa. sudah sebulan lebih kehadiran mie rebus atau spaghetti  instan tak terlihat lagi. yah, sejak negara api meyerang, eh maksud gw sejak pulang dari italy, rice cooker gw rusak. mungkin ketika berada di bagasi pesawat. damn..

dahulu, laci gw pasti penuh dengan tumpukan mie instan dan beberapa spaghetti . apalagi pas jaman2nya ngerjain TA. tengah malam kalau tiba2 lapar pasti bikin mie rebus. tambah telor pasti lebih asyik. tentunya menggunakan rice cooker serba bisa itu. trus sekali2 makan spaghetti instan, walaupun gak seenak di resto, tapi lumayan kok. haha..

sekarang, beta sonde bisa makan mie lagi, harus pergi ke warung. ok, klo mau makan mie rebus masih bisa, tapi klo tiba2 pengen makan spaghetti masa ke warung. paling ke mcd tapi pasti gak kenyang, mahal lagi.

seseorang, masakin gw spaghetti dong… #kode

 

f*stm*n dan super-trap

akhirnya bisa merasakan ‘keseruan’ ini lagi. haha.. sudah menjadi tradisi di unit ini untuk mengadakan sebuah festival mini yang disingkat festmin pada akhir program penerimaan anggota baru. festmin bertujuan untuk memberikan aura festival lebih dini kepada calon anggota dan juga sebagai ajang pelantikan [kalau layak dilantik ya].

festmin kali ini diadakan di istana bunga lembang. sudah kebayang suasananya pasti asik, seperti dua taun lalu, dan TIDAK seperti tahun lalu yang horror abis. :))

 

kali ini gw ikut sebagai swasta “mahasiswa tingkat akhir”. swasta kali ini didominasi oleh angkatan 2008 yang memang seharusnya lagi memegang peranan di kepengurusan. sayangnya dari alumni yang datang cuma gw dan febri. zonk. sebelum2nya biasanya banyak alumni yang datang, apalagi alumni freshgraduate. mungkin karena mreka langsung dapat kerja, jadi gak bisa ikut. ok, intinya gw msih pengacara.. Continue reading “f*stm*n dan super-trap”

kenapa harus malaysia?

yah, sekali lagi tim indonesia kalah. nyesek banget. lemes. pusing. pengen hilang ingatan. skip aja H+14 seagames.

oh my, kita dikalahkan lagi sama malaysia.

kenapa harus negara itu? kenapa harus dia? dikalahkan thailand 10 kali juga gak apa2, tapi klo malaysia. dikalahkan 1/2 kali pun gak ikhlas. ini pembuktian diri indonesia.

apakah ini karma? buat suporter indonesia yang ‘anarkis’ selamat, anda bisa melampiaskan keanarkisan anda. cegat aja pemain2 malaysia di GBK. besok closing seagames, cegat trus curi emasnya.

makanya klo bertanding itu harus fair. kata orang suporter itu adalah pemain ketiga. kalo ikut main harus fair dong.

tapi, yah, selamat buat malaysia. klo sudah menang, jangan curi2 harta orang lagi yak.

YAHHHHHHHHHH…KESELLLLLLLLLL.. MALUU…

ok. tim indonesia emang makin bagus. tapi… tetap aja kalah. *gw belum ikhlass…

garuda diterkam harimau

*postingan galauuu pasca nonton.

*teman2 sekosan langsung pada lemes.

indonesia ramah?

setiap kali kita bertanya pada turis atau orang asing datang ke indonesia, apa kesan anda mengenai indonesia?

pasti meraka akan menjawab, “warga indonesia itu ramah-ramah”.

hmm.. sesuatu yang gw juga banggakan ketika masih kecil. ketika gw masih berada di kota kecil dan memang sejauh pandangan gw masyarakat sekitar ramah-ramah terhadap orang asing yang datang berlibur.

namun ketika meninggalkan kota tersebut dan melihat lebih luas, bagaimana indonesia ini, gw semakin meragukan pernyataan itu. namun gw masih mendengar pernyataan itu keluar dari mulut orang asing, indonesia ramah.

sebenarnya apa yang mereka lihat pada diri orang indonesia? keramahan?. mungkin mereka harus melihat lebih jauh lagi.

setelah membaca artikel ini, gw juga setuju. seagames merupakan ajang yang menjadi ajang pembuktian diri indonesia baik di sisi olahraga maupun ekonomi dan lain-lain. dimulai ketika pembangunan venue2 seagames yang tidak berjalan dengan lancar bahkan sempat molor sampai pada prestasi atlet-atlet indonesia. sampai pada saat ini mungkin indonesia bisa membuktikan bahwa indoesia ‘bisa!’ berprestasi dan menunjukkan giginya.

namun menurut gw tidak hanya sampai disitu. seagames juga merupakan ajang untuk menjalin persahabatan sesuai dengan motto ‘ unite and rising’. namun semua ini dinodai dengan kelakuan spectator2 dari negri ini yang merusak citra negri ini.  sebut saja ketika indonesia melawan negara lain, mereka mengolok2 lawan indonesia dengan kata2 yang tidak seharusnya. ketika negara lain mengalahkan indonesia,mereka melecehkan lagu kebangsaan negara tersebut. sungguh kelakuan yang tidak bermartabat.

terlihat ketika tunggal putri indonesia dikalahkan oleh singapura. ketika lagu kebangsaan singapura berkumandang, para suporter justru menyanyikan lagu indonesia raya. siapa yang tidak tersinggung ketika negaranya ‘diolok-olok’ seperti itu.

atlit bulutangkis singapura ketika lagu nasional singapura dikumandangkan

mungkin segala bentuk dukungan yang mereka berikan merupakan apresiasi mereka kepada atlit2 kita supaya bisa berprestasi. namun mereka tidak sadar, mereka telah melampaui batas. dan gw yakin atlit2 juga sebenarnya merasa tertekan karena malu akan kelakuan pendukung mereka.

perilaku ini tidak hanya tercermin dari ajang olahraga ini, tapi di tempat lain. begitu gampangnya emosi tersulut oleh sesuatu yang kecil sehingga harus mengorbankan kepentingan orang banyak.

kembali lagi ke keramahan indonesia. mungkin keramahan yang disanjung-sanjung oleh orang asing hanyalah milik masyarakat kecil yang berada di tempat-tempat wisata yang pada umumnya di daerah kecil. milik masyarakat yang masih memegang teguh tata krama dan toleransi.

bukan milik manusia-manusia indonesia yang tidak ‘berotak’, manusia indonesia yang ‘katro’, manusia indonesia yang ‘bego’. manusia yang taunya hanya memikirkan diri sendiri dan perpikir pendek.

mudah2an citra indonesia masih ‘ramah’ di mata orang asing, tidak dirusak oleh manusia-manusia ‘bodoh’ itu.

 

krisma

misa hari ini tidak seperti biasanya. hari ini merupakan hari istimewa bagi beberapa muda-mudi paroki santo laurentius. hari ini ada penerimaan sakramen krisma. sakramen krisma merupakan salah satu dari 7 sakramen yang ada dalam tradisi katolik. sakramen ini menandakan kedewasaan kita dan kemandirian dalam hidup.

misa kali ini dipimpin langsung oleh uskup, karena pemberian sakramen krisma hanya boleh dilakukan oleh uskup.

sejenak pikiran gw terbawa ke beberapa tahun silam ketika gw menerima sakramen yang sering juga disebut sakramen penguatan. ketika gw kelas tiga smp, gw bersama teman2 lain akhirnya layak menerima skaramen ini setelah beberapa bulan sebelumnya mengikuti kelas rohani.

namun yang paling gw ingat adalah ketika komuni misa krisma. khusus bagi para krisma, hosti diberikan beserta anggur. tata cara yang normal ketika menerima hosti adalah telapak tangan kiri diletakkan diatas telapak tangan kanan. kemudian uskup meletakan hosti di telapak kiri kemudian tangan kanan mengambil dan memencelupkannya di anggur kemudian dimakan.

namun karena saking antusiasnya, konsentrasi gw entah kemana, mungkin terlalu asik dengan suasana misa, ketika uskup memberikan hosti, gw tidak melakukan cara2 diatas. gw langsung mengambil hosti dari tangan uskup pakai tangan kanan dan mencelupkan ke anggur kemudian memakannya.

gw baru sadar klo cara gw salah ketika sampai di tempat duduk. aduh tengsin banget. mungkin uskupnya kaget waktu hostinya gw ‘rebut’. gw mulai kuatir ketika habis misa ada pertemuan singkat dengan beliau. untungnya dia tidak mengungkin maslah itu. fyi waktu itu gw diperkenalkan ‘special’ ke uskup karena gw anak yg gemilang waktu itu. hahaha….. *tetep.

btw selamat buat teman2 yag menerima krisma. semoga makain dewasa dalam iman. amin.

what a day

hari ini sepertinya sungguh sesuatu. hari ini gw ada tes kerja di kampus it telkom. sebelumnya sih dikasih tau kalau tes mulai jam 8.30, namun karena hari ini hari jumat maka dimajuin karena ada sholat jumat. jadinya jam 7.30. wew.. harus berangkat pagi2.

sehari sebelumnya gw disms teman klo mau berangkat bareng. katanya dia gak tau jalan. sebenarnya gw juga sudah agak lupa sih, tapi berbekal sms rute angkot dari teman, gw mengiyakan aja. akhirnya disepakati ketemuan di bca jam 6.15.

paginya gw bangun jam 5 trus siap-siap. jam 6 gw berangkat ke bca dago. untuk mengisi perut biar gak kelaparn gw makan roti. waktu sudah menunjukkan jam 6.10 ketika sampai di bca. gw langsung sms teman gw. gak dibalas.

jam 6.15 akhirnya dia balas sms. katanya dia sduah di perjalanan. oke gw tunggu walaupun sudah cemas takut telat. jam 6.33 akhirnya dia datang.

namun diluar perkiraan, dia naik motor. huoo.. sebenarnya bukan motor maslahnya, ternyata dia bonceng teman juga. artinya…. ternyata dia kira gw bawa motor. salah gw juga sih gak mastiin dulu, gw mikirnya dia naik angkot. sigh…

setelah diskusi, gw meyakinkan klo mereka duluan aja. gw milih naik angkot aja. nakhirnya kita misah dan janji untuk saling kabarin.

sesaat setelah mereka berangkat, gw langsung naik angkot. waktu menunjukkan 6.45. melihat lalulintas yang macet gw mulai was-was. akhirnya gw memutuskan untuk naik taxi aja. sampai di bip gak ada  taxi yang ngetem, sampai hotel hyat gw turun aja. langsung telpon bluebird. gw disuruh nunggu di lobby belakang bip.

jam 6.55 taxi belum ada. mulai panik. ada taxi GM yang parkir di riau. pengen kesana tapi takut ntar taxi yang gw pesan datang. 6.59. taxi datang.

“stt telkom pak yah” kata gw ke supirnya. terlihat dia agak mikir sambil menjalankan taxinya.

” macet gak pak klo ke stt ?” tanya gw. ” iya, tadi dengar dari radio “.

kemudian dia menyarankan untuk lewat tol. ha? emang ada tol kesana? setau gw gak ada. ternyata tol yang dia maksud itu tol pasteur.

” pak, saya harus tiba dalam 3 menit lho pak !”..

” bisa itu klo kita lewat tol “. kata si bapak meyakinkan.

“gimana, mau lewat tol?sebelum saya belok. ” tanya si bapak ketika di persimpangan.

” oke pak, tol aja” jawab gw pasrah. ya sudalah, gw serahin semuanya aja ke bapaknya. toh gak mungkin gw turun lagi dan naik angkot.

trus terdengar dari radio klo di btc macet. akhirnya kita belok aranh. awalnya mau lewat pasopati tapi kita belok ke daerah padjajaran, terus ke bandara. sumapalah, setiap ada antruian mobil gw deg2an. macet gak yah.

untungnya lancar2 aja. dalam perjalanan gw berusaha menenangkan diri. jangan sampai konsentrasi buat tes buyar. si bapak juga mengajak gw bicara buat menyakinkan gw.

“emang capek hati den klo mengejar waktu” kata si bapak. gw mengiyakan saja sambil senyum.

gw baru pertama klai lewat di daerah bandara husein. ternyata bagus juga pemandangannya. sampai di pasteur sempat macet 5 menit. waktu sudah menunjukkan 7.17.

ketika masuk tol, si bapak langsung tancap gak. larinya 120 km/jam. ternyata kita ngambil rute mutar. lewat kopo, dan lain2. emang cepat banget sih, tol juga lenggang.

tapi oh tapi.. agro juga berjalan dengan cepatnya. terlihat angkanya sudah gila2an. yasudalah, daripada gw telat.

jam 7.28 kami masuk ke jalan menuju stt. tapi macet total. omg. untung ada jalan lorong di samping kanan kami. akhirnya kami mengambil jalan itu. jam 7.40 sampai di stt.

gw langsung menuju gsg. dan tarif yang harus gw banyar sangat besar. silahkan dikira2 sendiri. untung gw bawa duit. tapi tetap aja, duit segitu melayang. haha..

ketika gw masuk ternyata ada presentasi dulu. wiuh.. akhirnya tes dimulai. sampai jam 3, gw berhasil melalui semuanya. tinggal nunggu wawancara hr.

oh iya, ketika istrahat gw juga dapat berita baik dari jakarta, gw diundang untuk interview di salah satu perusahaan hari selasa.

pulangnya gw dibonceng teman yang satu lagi. kami singgah di bakmie jogja dulu sambil cerita2. pas mau balik, hujan deress.. jadinya kita disitu sampai jam 5.

ketika sudah agak reda, kami memutuskan untuk pulang. namun sampai di daerahbanda, hujan mulai deras lagi. jadinya kehujanan.

alhasil sekarang demam lagi. ( sebelumnya sudah flu dan radang tenggorokan pas ikut tes. trus gw bikin suara2 batuk, maaf buat peserta lain yang terganggu, apalagi waktu tes pauli. haha).

demonstrasi ?

sering kesal dengan mahasiswa yang demo. contohnya saja demo ketika obama datang. sebenarnya mereka ngerti gak sih apa yang mereka demokan?

kalau mereka menolak untuk kerjasama dengan amerika, kenapa gak diubah saja politik luar negri kita yang aktif dan bebas. kita harus aktif di dunia internasional termasuk dengan amerika, tapi tidak harus memihak seluruhnya ke amerika. itu yang namanya aktif dan bebas.

mereka mengatakan obama hanya datang untuk kepentingan politik dan ekonomi. ya iyalah, emang itu tujuan dia. terus kenapa? kita juga punya kepentingan kok disana, baik ekonomi maupun politik. lw mau jadi negara kayak korea utara yang selalu merasa insecure.

yang harusnya didemo itu adalah orang2 di parlemen dan pemerintahan yang memegang peranan di bidang ekonomi dan politik. dimana percampuran kepentingan antara ekonomi dan politik sudah tidak sehat lagi. banyak yang memanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

lagian, demo mereka juga tidak akan efektif. mending menyampaikan pendapat dengan lebih ‘mahasiswa’. jangan jadikan demo sebagai agenda rutin di organisasi mahasiswa. huh.

dont compare

Don’t compare yourself with anyone in this world. If you do so, you are insulting yourself.

Alen Strike

mungkin pepatah diatas bermula dari kata-kata dari yang sering kita dengar.

” rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau dari pada rumput sendiri”.

manusia memang sudah kodratnya tidak akan selalu puas dengan apa yang dimilikinya. mereka selalu menginginkan yang lebih dari apa yang telah mereka miliki. mungkin ini terlihat positif karena bisa menjadi motivasi untuk berkarya lebih baik. namun ketika sudah melebihi ambang batas, justru hal ini yang akan menjadikan kegagalan dalam hidup.

kebahagiaan adalah salahsatu tujuan hidup manusia. namun untuk mencapai kebahagiaan itu tidaklah mudah. butuh perjuangan dan pengorbanan. kedua hal tersebut saja sudah terdengar berat, apalagi ditambah dengan perasaan iri dan sirik melihat keadaan orang lain.

membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat diri sendiri tersiksa. kita hanya berfikir kalau kebahagiaan hanya akan dicapai jika kita berada pada posisi orang tersebut. kita bahkan tidak memperhatikan kemampuan diri sendiri, kita terkesan memaksakan diri dan mengorbankan keinginan dari lubuk hati kita sebenarnya.

belum tentu orang yang kita anggap ‘bahagia’ itu bahagia sesungguhnya. mungkin saja dia sebenarnya mempunyai kekurangan yang lebih besar. tiap manusia diciptakan unik sesuai dengan jalan masing-masing. DNA penyusun tubuh manusia pun berbeda-beda, jadi keberhasilan tidak hanya satu jalan. ada banyak jalan.

kunci dari semuanya hanyalah bersyukur dan ikhlas pada apa yang sudah kita miliki. just the way you are.

haha.. menulis tulisan ini membuat gw seperti orang yang munafik. gw belum sampai pada tahap itu. memang susah, apalagi kita tumbuh di lingkungan yang penuh persaingan.

to be continued

wabah

beberapa minggu terakhir, masyarakat bandung digegerkan oleh berita menyebarnya penyakit hepatitis A. pemerintah juga sudah menetapkan bahwa kejadian ini adalah sebuah wabah.

semua bermula dari kampus di daerah utara bandung. puluhan mahasiswa unpar terjangkit penyakit ini. terutama mahasiswa yang ngkost di daerah ciumbeleuit. katanya wabah ini menyebar melalui warung-warung makan yang kurang sehat.

berita ini pun sempat membuat gw was-wasan. tapi katanya puskesmas di daerah sekitar sudah memberikan vaksin ke masyarakat sekitar dan mahasiswa unpar.

namun wabah ini katanya telah berpindah ke kampus lain. universitas maranatha. katanya disana telah ditemukan belasan mahasiswa terjangkit hepatitis A . huo… ini semakin gw bikin panik. bagaimana tidak, daerah maranatha letaknya sangat jauh dari unpar dibandingkan daerah itb. sekali naik angkot ataw jalan kaki, wabah itu sudah sampai di kampus ganesha.

gw mikirnya mungkin sudah ada teman2 di itb yang terjangkit tapi belum diketahui. makin parno nih ke kampus apalagi makan di daerah kampus. apalagi sekarang gw gak enak badan dan sedikit demam. mudah2 ini hanya efek kecapean dan radang tenggorokan. mudah2 cepat sembuh. aminn..

gw juga pernah dengar di daerah plesiran pernah terjangkit penyakit ini karena penggunaan kamar mandi bersama.

mulai sekarang keknya harus siapin stok detol dan handsanitizer nih. terus gak mau makan sembarangan. idealnya sih masak sendiri, tapi karena gak bisa masak sendiri, keknya makanan dibungkus aja. tentunya dari warung yang bersih. karena penyakit yang menyerang fungsi hati ini juga bisa berpindah karena penggunaan alat makan bersama.

buat teman-teman yang berada di sekitar itb, mulai sekarang hati-hati. jaga kesehatan, makan bersih, dan istrahat cukup. tidak apa2 menjadi orang yang terlihat freak karena menjaga kebersihan daripada nantinya sakit. kan bisa berabe.

day trans vs citi trans

karena besoknya gw ada tes maka gw memesan travel untuk ke jakarta. setelah melihat tempat tes dan mencari travel yang paling dekat akhirnya gw memutuskan menggunakan citi trans. gw dikasih tau operatornya kalau berangkatnya dari dipatiukur.

besok paginya gw langsung menuju du.jadwal gw adalah jam 6.45. dalam kepala gw pool yang harus gw tuju adalah yang dekat dengan simpang. setelah sampai gw langsung masuk.

” mba, kemarin gw sudah pesan untuk ke jakarta ”

” sebentar yah. tujuan kemana? ”

” ke fatmawati”

” kalau ke fatmawati berangkatnya dari cihampelas ”

dalam kepala gw langsung terlintas ciwalk.

” lha, kemarin gw disuruh kesini mba, coba diperiksa lagi ”

dia langsung cek di komputer.

” disini untuk ke fatmawati masih kosong. untuk jam 7 ”

” gaman sih? ” gw mulai merasa gak enak.

” bentar ya mba, gw telpon teman dulu ”

gw kemudian ambil hp dan pura2 menelpon. kemudian gw menuju keluar.

OMG, ini kan Day trans, bukan citi trans. mati gw. akahirnya perlahan2 tapi pasti gw meninggalkan tempat itu. maluuu… mana sudah marah2 ke mbanya lagi…

ini nih klo gak teliti, gw sering ketukar day trans dan citi trans. padahal warnanya aja sudah beda. trus poolnya sama2 di DU. gw selama ini selalu pake x-trans jadi gak terlalu memperhatikan yg lain.

untung gw belum telat, gw langsung menuju pool citi trans. what a day…

nomophobia

pernah merasa panik atau gak nyaman ketika kamu keluar dari rumah dan ponsel kamu ketinggalan? hampir semua orang yang berponsel pasti menjawab YA.

mungkin ini adalah gejala anda menderita nomophobia. nomophobia adalah ketakuatan berpisah dengan ponsel. istilah nomophobia sendiri diambil dari “no-mobile-phone phobia”.

sudah menjadi pemandangan setiap hari dimana disemua kesempatan orang-orang pasti memegang ponsel/gadget. bahkan disaat rapat atau kuliah atau di kesempatan yang seharusnya butuh fokus.

sebelum ponsel dilengkapi fasilitas internet, ketakutan akan berpisah dengan ponsel mungkin belum banyak. saat itu kita berhubungan dengan orang lain hanya menggunakan telpon langsung atau sms. namun sekarang ketika ponsel mulai dilengkapi dengan fasilitas jejaring sosial yang canggih, ketakutan itu beralih ke ketakutan akan ‘inexsist’ .

lihat saja, ada orang yang gak henti2nya nge-twit dan merasa aneh kalau dalam kurun waktu tertentu tidak melakukannya. atau update status dan chating di facebook. dan sekarang BBM atau iMessage.

nomophobia mungkin akan menjadi salah satu ‘penyakit’ yang akan sangat populer di masa mendatang. dan ini bisa menjadi masalah yang serius. so, beware.

pottermore

 

perasaan gw, waktu bulan desembar situsnya bilang..

” Pottermore will be available for everyone in October “

ini sudah november, trus pengumumannya balik lagi ke seblumnya..

-___-

road to italy

 

tanggal 11 september 2011

” ayo telponin yang lain, tinggal 15 menit nih ”

” emang syapa lagi sih? ”

semua panik karna jam hampir menunjukkan puluk 11. 00. sesuai dengan kesepakatan, jika salah satu anggota tim terlambat maka semua orangakan dihukum masing masing 2 euro. itulah salah satu cara utuk meningkatkan kedisiplinan bocah2 ini.

yap, hari ini kami akan berangkat ke itali untuk mengikuti kompetisi di Arezzo. kami berkumpul di depan gerbang itb untuk melakukan prosesi pelepasn yang diwakili oleh KM ITB. moment yang semakin membakar semangat kami ketika presiden KM memberikan pidatonya.

kami berangkat ke bandara soetta menggunakan bis yang telah dipesan. dalam perjalanan semuanya tampak antusias sampai kemudian semuanya tertidur. mungkin karena telalu banyak ngomong ataw kecapean karena sebelumnya harus mempersiapkan barang-barang untuk dibawa.

di bandara soetta sudah ada teman2 yang menunggu ( grup jakarta ). semua berlalu begitu cepat karena sebelumnya harus menunggu salah satu personal sehingga proses check in dan imigrasi harus buru2. di ruang tunggu pun kami tidak sempat duduk, langsung naik pesawat.

pesawat yang kami gunakan adalah Emirates. sungguh pesawat yang luar biasa. *katro. ya iyalah, selama ini gw naik pesawat lokal doang, sebut saja lion, sriwijaya, batavia, mandala, merpati dan paling bagus garuda. pelayanannya sangat ramah dan yang paling penting penuh dengan makanan dengan menu yang luar biasa. selama di pesawat sepertinya bakal ngunyah terus. selain itu ada hiburan film dan games yang menarik. gw sempat menonton beberapa film yang belum tanyang di indonesia. trus yang kurang kerjaan menelpon teman2 yang lain untuk ngerjain menggunakan fasilitas yang disediakan.

perjalanan kami mengambil rute jakarta – dubai – milan. oh iya, grup dibagi menjadi dua, jadi ada yang berangkat sore dari jakarta dan ada yang berangkat tengah malam, jadi kami bertemu di dubai. kloter pertama harus transit selama 10 jam. huoooo… waktu yang sangat lama. mana gak dikasih hotel karena tiket kami tiket student. untuk emngisi kekosongan kami istrahat di bandara. semua tempat pw untuk tidur penuhhhh.. akhirnya ambil kursi aja trus tidur sebisanya. selain itu kami juga menjelajah bandara dubai yang sangat besar itu. panjang abisss…. hal yang menarik adalah ketika harus mengambil sarapan yang disediakan untuk penumpang yang transit lebih dari 6 jam, antriannya panjang banget. kyk pembagian sembako aja… tapi semua terbayar dengan makanan yang enak.

oh iya, untuk mengabari keluarga di indonesia, hanya bisa via sms. coz klo telpon mahal banget. dan klo bisa gak usah ditelpon juga, karena yang terima telpon bakal disedot pulsa juga. tarif sms telkopmsel di dubai klo gak salah 7000an 1 sms. heuu..

ketika bertemu dengan kloter dua, spertinya sudah lama tidak bertemu padahal baru pisah berapa jam. lebay yak.. haha.. perjalanan dilanjutkan menuju milan memakai pesawat yang sama. beruntung banget kita pakai emirate, pw abis. perjalanan diisi dengan kekocakan teman2, ada yang salah pilih menu, ada yang stress karena turbulensi, haha.. klo gw hanya memandangi rute perjalanan sambil melihat pemandangan desert yang sangat tandusss..

horee.. akhirnya setelh 6 jam tiba di Milan. untuk pertama kalinay gw menginjak tanah eropa dan tmenghirup udara eropa di Milan. Catet.. :) .ternyata bandaranya biasa aja. bagusan di makassar. haha… bandaranya sepertinya tidak terlalu besar. disini dosen kita bergabung dengan kita. sebelumnya dia mengikuti rangkaian perjalanan di eropa untuk mengikuti seminar. kerennn…

perjalanan dilanjutkan ke Punta-Perugia. tempat menginap kami sementara. kami menyewa bus untuk kepentingan transportasi kami di itali. sebelumnya gw berharap pasti drivernya asik, ternyata jauh berbeda. jutek dan kayk preman. awalnya gw pikir di cewk karena rambut panjang, pas dia berbalik, OMG dia preman. hahaha.. mau tau lebih bayak cerita tentang dia, hubungi dian!.

perjalanan ke punta cukup lama. gw sudah lupa berapa jam. keluar bandara gw agak kecewa. gw ulul dan dela ( geng belakang ) kecewa berat, pemandangannya tidak jauh beda dengan jalur pantura yang tandus, dipenuhi oleh jagung. haha.. mungkin karena kami kesana masih musim panas, jadi semua terlihat gersang. bedanya cuma gedung2 petani yang unik dan jalan2 yang bersih. kami sempat  berhenti di rest area. untuk pertama kalinya gw menggunakan euro. catet !. haha. gw beli air minum harga 2 euro dengan uang 50 euro. untung mbaknya ada recehan banyak.

pemandangan malam ke perugia sebenarnya indah, tapi karena sudah lelah, gw tertidur. sampai di perugia kita langsung ke punta. disana kita ketemu dengan mas hendrawan dan mas JWW. alumni yang sangat baik. haha..

PUNTA !

aneh yah namanya. jadi punta ini adalah sebuah daerah untuk camping di pinggir danau. mereka menyediakan penginapan untuk turis dengan harga murah. penginapannya seperti karavan2 gitu loh. (akhirnya tercapai impian tinggal disini, dulu cuma bisa membayangkan ketika membaca novel 5 sekawan).

mba2 penjaganya baik banget tapi ngomongnya kencang kali. klo di indo kayk teman2 kita dari batak. haha. sampai disana kan malam2, jadi belum kelihatan indahnya punta itu. kita dibagi menjadi 6 kelompok. jadi satu rumah hanya bisa dihuni sekitar 6 orang. tapi gw beruntung, kelompok gw cuma 5 orang. haha.. jadi lowong. oh iya kelompok gw : Gw, Jaya, Mano, Alwyn, dan Doan. dan ternyata cuma doan yang non-EL. haha… Isi dari kamarnya lumayan lengkap. sangat lengkap bahkan. Cuma kurang kulkas. cocok banget buat kost2an. selanjutanya gw langsung tidur. yang lain masih cekakak cekikik mengunjungi tetangga. i dont care mending gw tidur. haha..

besoknya kami disambut dengan udara punta yang sejuk. gw langsung menuju ke danau. dan ternyata danaunya oke. ada pantainya juga. dua hari di punta tidak disia2kan untuk berfoto.

untuk makanan kami maskak sendiri. kami membawa rice cooker dari indo. keknya gw gak bisa hidup tanpa nasi, bisa kekurangan glukosa gw. lauknya ada abon, teri, udang ebi, dan paling hip adalah rendang yang dibawa kak ira. rendang in italy. mantap. selain itu kita juga masak makanan italy. ada pasta. waktu itu iota ke t4 gw buat masak pasta bareng jaya. hasilnya enakkk… kalian berbakat. beda dengan tetangga sebelah. Geng Belinda, Saski, Dela, kak rino dan ael, pelittt.. semuanya dikomersilkan, masa mau minta pasta dikit disuruh beli, minta butter disuruh ambil di t4 sampah (bayangkan, ambil di t4 sampah).. ckck…. padahal mereka gak bisa makan nasi klo gak gw pinjami rice cooker gw.

intinya di punta itu benar2 asyik. latihan disana pun asik. kita latihan di gedung pertunjukan mereka. jadi setiap turis yang lewat pasti lewat dan menonton kita. senang!. pernah gw masih di kamar dan latihan kelompok kecil sudah mulai, suaranya sampai di kamar dong padahal cukup jauh. artinya akustiknya benar2 oke. lathan di punta salah satu lathan terbaik menurut.

hari ketiga kami harus beranjak ke hotel kami di arezzo. jadi panitia menyediakan sebuah hotel buat penginapan peserta. nama hotelnya

PARK HOTEL.

hotel ini dihuni oleh beberapa choir termasuk ITB, Vox Gaudiosa, dan Choir dari Colombia. Hotel ini asyik juga. pemandangan di lantai atas seru.. yang paling seru adalah bisa satu hotel dengan vox. gilak lathan mereka parah. bangun pagi langsung pemanasan. di kamar masing2 humming sendiri. Untuk pemanasan sendiri kita biasanya pakai ruang dekat lobby atau di rooftop. disini kita sudah bisa menilai kualitas lawan2 yang oke ketika mereka pemanasan.

salah satu yang menarik adalah ketika makan malam. pasti kita menebak2 menu kali ini apa yah? . seperti biasa makanan italy pasta sebagai makanan pembuka, untuk menu utamanya macam2, tapi yang paling gw ingat adalah ayam panggang. posrsinya gede abis. tapi gak seenak di indo karena kurang spicy. maklum lidah indo. dan yang paling kocak adalah anak2 bawa kotak makanan mereka dan memasukkan makanan2 yang gak semapt dihabiskan untuk makan siang. bayangkan ayam dan kentang dimasukkan di kotak makan. gak tau deh klo choir yang lain lihat. tapi yasudalah, toh mreka juga gak kenal kit. dari sini kita bisa melihat table manner indo dan negara lain sangat bedaa.. dasar bocah2…

AREZZO

oh iya, hotel kami terletak diluar kota arezzo, jadi perjalanan ke arezzo cukup lama. untung ada bus. perjalanan ke arezzo diisi dengan pemandangan yang indah. sekarang benar2 eropa, bukan pantura lagi. haha..

kota arezzo merupakan salah satu kota tua yang diisi dengan bangunan-bangunan tua. rata–rata bangunan besar adalah curch. dimana2 ada gereja. seperti kota2 jaman dulu, arezzo terletak di puncak bukit. ini salah satu yang gw suka dari eropa, kota2 mereka pasti di puncak, jadi dapat terlihat dari jauh, seperti kerajaan di film2. beda dengan indo yang justru bangun kota di lembah.

kota arezzo terkenal juga sebagai daerah tujuan wisata. banyak penjual pernak pernik kahs kota ini. terdiri dari lorong-lorong yang diapit oleh bangunan2 tua. jalanan berlantaikan batu2 besar yang tersusun rapi. sesaat terasa berada di abad pertengahan.

tak ketinggalan, penjual pizza dan gellato. pizza di sini enak2. so pasti. berbagai macam varian dan tentunya harga. gelato juga bertebaran dimana2. rata2 dijual dengan haraga 2-4 euro. ( jangan dikurskan ke rupiah, karena pasti lw gak bakalan beli. so let your money flows. haha).

ada seorang penjual pizza yang sering kami kunjungi. dia seorang chinesee, jadi anak2 manggilnya pizza koko. haha…

hari terakhir kita diberikan kesempatan untuk menjelajahi kota arezzo by yourself. waktu itu gw langsung menuju ke utara/puncak untuk melihat katedral dan benteng. kemudian turun untuk menjelajah semua gereja yang ada. gw suka melihat arsitektur2 bergaya romawi/gothic.

terakhir di arezzo ketika selesai menyaksikan closing ceremony. gw menyempatkan diri membeli card holder khas kompetisi. untung masih ada. sebelumnya jaya dkk bilang klo sudah habis.

THE COMPETITION

pertama kali sampai di arezzo kami langsung menuju tempat untuk vokalizing. panitia menyediakan sebuah tempat yang berdekatan dengan PMI mereka. disitu kami bertemu LO kami nicola dan marco. pas bertemu marco, topik pembicaraan cewek2 seminggu kedepan pasti bertemakan marco. you knowlah.

untuk vokalizing kami pindah2 tempat selama berlangsungnya kompetisi. kadng di sekret polifonico atau di ruang ganti dan di piazza grande. oh iya, sepertinya choir itb yang paling ribut. bahkan sebelum tampil, di ruang ganti, masih pada ribut dibandingkan dengan choir lain. heu. untung ributnya vokalizing, mungkin untuk meredakan nervous juga kali yak.

venue kompetisi adalah sebuah gedung bekas gereja. jadi dialamnya masih kental dengan suasana misa. banyak patung2 dan lukisan2 indah. i do love it. kami sempat mencoba sebelum bertanding. kesempatan yang mungkin hanya kami yang merasakan. akustik dari ruangan itu heboh abis. gaungnya parah. sebenarnya ini jadi tantangan buat choir2 terutama itb. dimana ada lagu yang memang membutuhkan gaung, tapi ketika dinyanyikan di ruangan ini, gaungnya kelebihan. De Profundis. Jadinya tidak maksimal.

disini kami bertemu choir2 hebat dari negara lain. ada 3 choir yang menurut kami paling hebat. SLVA dari Utah – US, Vox Gaudiosa dari Japan, dan Collegium Musicale dari Estonia. sebenarnya senag juga bertemu dengan mereka bisa melihat choir2 hebat tingkat dunia, tapi juga mengurangi kans untuk menang. hahaha..

Salt Lake Vocal Artis.

adalah choir yang anggotanya adalah alumni dari  University of  Utah. orang2 sudah tua2 gitu. suaranya sudah pada matang2. jadi hasilnya oke. Serunya dalah sebelumnya kita sudah kenal dengan Mr Brady, conductor mereka, pas mereka mau tampil kita ada di belakang trus dia melihat kostum kita. pasti dia notice waktu IICC. trus dia menyapa kami ” aha, this costume ” sambil senyum.  kita juga sempat jalan2 dan foto bareng. tahun depan [mungkin] akan ketemu lagi di bandung. trus anggota2nya juga baik banget. sering bercanda dengan kita. apalgi waktu closing ceremony ketika bahasa pengantarnya pakai Italia, mereka juga kesal karena gak ngerti, jadinya kita cerita sendiri di belakang. hahah.. ada ibu2 yang baik banget, keknya dia melihat itb choir seperti bocah2 ,benar2 bocah, yang ikut kompetisi orang dewasa.. haha…

Lagu paling menarik yang mereka bawakan adalah Stars dan Cloudburst. Untuk Stars mereka menggunakan gelas kristal untuk menghasilkan nada2 tertentu. hasilnya sungguh menabjubkan. Awalnya sebelum masuk gedung, gw melihat merka pengang gelas yang diisi air. gw pikir itu adalah wine dan menyangka mereka ‘minum’ dulu sebelum tampil. tapi ternyata oh ternyata… Kemudian lagu Cloudburst lagu yang sangat indah. bercerita tentang hujan, mereka menbawakannya dengans angat total. mereka juga memakai banyak instrument2. seru pokoknya…

Vox Gudiosa.

Conducted by Mr Ko Matsushita. beruntung beisa bertemu dengan koko di italy. pensaran orangnya bagaimana. gw sempat bercerita bentar di loby hotel waktu mereka vokalizing.  orangnya asyik dan baik. ternyata dia seumuran dengan konduktor kami. haha.. si koko sudah mempublish banyak lagu2 hasil aransemen dia. dan semua oke2. bahkan beberapa dibawakan oleh SLVA di kompetisi ini. Anggota2 Vox emang masih muda2 juga, mungkin lebih tua dikit dari kita2, tapi mereka sduah betahun2 ikut vox dan emang orang2 music, jadinya suaranya sudah matang2. gw suka dengan karakter suara mereka, tajam2 bright gitu deh, tapi gak seperti choir sebelah. haha..

Lagu mereka yang menarik selain Cloudburst adalah Knowee.. Mereka membawakannya ketika pertadingan Grand champion. Sayang waktu itu gw gak lihat live. Nyeselll.. Lagunya mistis gitu, [lihat postingan sebelumnya]. dan karakter suara mereka sangat cocok dengan lagu ini. two thumbs up lah..  selain knowee mreka juga bawain Karimatanu Kuica. lagu yang sudah familiar dengan itb. namun kali ini mereka membawakannya lebih’lucu’. part ‘hi’ mereka ucapkan dengan centil. jadinya kek nonton anime gitu. apalagi pas mereka pakai kimono.

Collegium Mucicale

choir dari estonia ini baru terbentuk setahun lhoo.. tapi mereka sudah memenangi beberapa kompetisi yang tersmasuk dalam seri European Grand Prix. Bagaimana tidak, orang2nya adalahkonductor2 berpengalaman yang dikumpul jadi satu. anggotanya gak setua slva tapi lebih tua dari vox. sumpah, nyanyinya sangat rapihhhhhh.. dan suaranya gw suka. mirip karakter itb tapi jauhhh lebih oke. hahaha… dan menurut gw yang paling berhasil membawakan lagu wajib adalah mereka. kedua choir sebelumnya lebih seperti kontemporer ketika membawakan lagi ini, Io Mi Pensai.

Lagu  yang meraka bawakan gak ada yang gw tau. gw taunya mreka sangat baik dalam membwakan lagunya. lagu2ny2 frik2 abis..

FOLKSONG

kategori ini merupakan kategori yang menarik. tidak diselenggarakan di venue sebelumnya, tapi diselengarakan di sebuah lapangan terbuka yang mirip coloseum. semua padus menampilkan lagu daerah mereka. tapi yang menurut gw yang benar2 folksong adalah cuma jepang, kolombia, dan itb. mungkin karena lebih etnik. karena yang lain jatuhnya lagu2 frik2 gitu. apalagi Collegium Musicale, lagunya gw gak bisa membedakan folk dan reguler.

yang paling gw ingat adalah, ada seorang anggota SLVA yang memberikan selamat setelah kami tampil. dia bilang. kurang lebih begini.

” You re great. If you dont win this category, must be someting wrong with this competition “.. terharu..

ketika kami tampil, apresisasi dari penonton sungguh luar biasa, apalagi ketika ditutup dengan janger yang heboh… sungguh momen yang tak terlupakan.

Salah satu aspek yang menurut gw  berbeda antara kompetisi di indonesia dan di eropa adalah kebersamaannya dan toleransinya. di eropa, choir satu sama lain salaing memberikan semangat, memberikan pujian, memberikan dorongan, layaknya seorang teman yang memberikan semangat ke teman seperjuangannya. berbeda dengan di indonesia, duakali jadi panitia fps dan panitia dikti, suasana yang ada adalah suasana ‘mencekam’. tiap2 chori berusaha untuk saling mengalahkan. memandang sini choir lain. mungkin karena terlalu menggebu jadi juara kali yah. haha….

AFTER COMPETITION

setelah kegiatan di Arezzo yang ditandai dengan closing ceremony, saatnya untuk move on. lanjut ke petualangan berikutnya. saat itu panitia dipusingkan mengatur itenerary. harus disesuaikan dengan budget dan harus mencapai hasil yang maksimal. akhirnya disepakati kita akan ke Firenze dan Milan.

Firenze

Dari arezzo kami beranjak ke Firenze. Firenze juga adalah sebuah kota tua yang berada antara arezzo dan milan. disini kami berhenti sekitar 6 jam untuk menikmati kota ini. Kota ini sungguh luar biasa, lebih heboh dari arezzo. terdapat karya2 seni tingkat dunia yang menjadi salah satu pusat kebudayaan. ada Duomo yang sanagt besar, patung2 kaya michael angelo, donatello, dan lain2. selain itu banyak toko2 souvenir juga. dan tak ketinggalan penjual gelato yang katanya paling enak di dunia.

Disini, naluri shopaholic bebrapa orang terpuaskan. Kalau di cewe ada Andin, emil, Belinda, dan Iota, di cowo gak mau kalah ada Prama, DP, dan doan. Dan dengan ini gw umumkan Mr&Ms jinjing versi gw jatuh kepada Andin dan Prama. :)

gimana tidak jinjingan mereka sebanya itu. terutama untuk cewek. hebat.. Andin yang kemana 2 pasti bawa jinjingan. emil yang gak tau lagi mau packing gmana sampai beli tas baru. Belinda yang nyuruh andre dan derry bawain belanjaan dia. sungguhh….

habis dari firenze kita lanjut ke

MILAN

milan terlihat lebih modern dari kedua kota sebelumnya. banyak gedung dengan arsitektur modern. di Milan kami menginap di Ostello Hotel. Hotel yang sangat minimalis. jauh dibanding dari Park Hotel. tapi yasudalah, dari pada gak tidur, lagian kita cuma beberapa jam disini. disini kamar mandi harus share dengan penghuni lain disetiap lantai. jadi kalau mengharapkan kenyamanan, jangan nginap disini.

keesokannya kita menuju ke kota milan, tujuan pertama adalah Kadedral yang super besar. gw sangat senang. gw sempat masuk melihat2 dan berdoa juga di dalam. suatu hari bakalan kesini lagi ah.. ada corpus santo2 yang masih utuh dan lukisan2 yang super megah. disamping katedral ada bangunan yang gw lupa. yang pastinya juga terkenal. buat yang pernah balajar kalkulus, cover buku purcel yang item ada bangunan ini. :). di lapangan katedral juga banyak maerpati yang jinak2 menunggu untuk diberi makan. ada beberapa teman yang dipaksa untuk memberi merpati2 dgn  jagung oleh negro2, yang ujung2nya disuruh bayar belasn euro. rugiii….

setelah melihat2 dan belanja, akhirnya kita harus menginggalkan milan menuju bandara. Kami kemudian meninggalkan milan menuju kampung.

DUBAI lagi

pesawat kami, Emirates, transit di kota ini sebelum ke jakarta. kira2 5 jam. kesempatan ini tidak disia2kan oleh anak2 untuk menghabiskan uang yang masih tersisa. setelah menitipkan barang, kami langsung menuju money changer untuk menukarkan euro ke dirham. sekali lagi semua pulang dengan jinjingan di tanganmasing2.

setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke indonesia. sayangnya kesehatan gw langsung drop.  badan ini terasa ngilu semua. dan gw mulai demam. mungkin karena gw gak pakai jaket ketika di milan. waktu tiba di milan udara memang sudah sangat dingin. suasana eropanya mulai kelihatan. haha. orang2 di jalan pada pakai coat. inilah akibat karena bandel.

sampai di pesawat gw langsung buka selimut dan tidur. sesekali melihat monitor untuk mengecek berapa lama lagi akan sampai. kadang2 terganggu dengan suara adi dan belinda di belakang gw ketika turbulensi. gw bahkan tidak makan sama sekali. nafsu makan gw berubah 180 derajat dibanding ketika pertamakali naik emirate. sampai dibandara soeta harus menunggu antrian, ambil barang, nunggu bus. pengen rasanya tidur saja di lantai.

TA

disaat gw lagi sakit, asisten dan teman gw dilab mengabari kalau gw harus mengirim draft TA gw saat itu. dan kalau bisa gw ke lab ketika sampai di bandung malam itu. mengingat 2 hari lagi pengumpulan draft final. sungguh sebuah cobaan. untung ada kak ira yang mau mengirimkan draft gw lewat  bb dia.

penderitaan tidak berakhir disitu. sampai di kost kak ira sms . ” natan, email lw sudah dibalas asisten “. oh iya, karena sudah gak sanggup, malam itu gw gak ke lab. tapi spertinya derita ini tidak mau membiarkan gw lolos. isi email dari asistem adalah revisi. OMG. emailnya panjang banget dan deatil. terpakasa malam itu gw habiskan dengan revisi TA sampai subuh dengan kondisi yang benar2 menggnaskan. serius. gw sudah menggigil saat itu. jam 2 akhirnya beres.

esok paginya gw disuruh datang ke lab utuk presentasi. rencananya jam 8. sekali lagi siksaan itu datang, gw harus mandi. gilak, air seperti menusuk badan gw. keknya itu mandi paling mengerikan yg gw alami. setelah mandi gw harus ke kampus dan harus ngeprint draft terlebih dahulu. ternyata ada gambar yang masih salah tapi gw biarin saja. waktu itu gw sdh sangat lemas.

Sampai di lab ternyata dosen pembimbing belum datang, gw disuruh menunggu sampai jam 2. sebenarnya gw berharap gpp gw presentasi jam 8 jadi bisa cepat pulang. tapi kenyaataan berkata lain. gw menunggu dosen dengan tidur di lantai lab menggunakan kasur tipis yang biasa dipakai klo nginap di lab. sungguh sangat tidak mengenakkan, kedinginan. mungkin pegawai dan asisten disitu kasihan melihat gw, jadi klo ada orang masuk dan gw mau berdiri, gw disuruh tiduran saja.

sampai akhirnya gw presentasi ke dosen. dia sempat menanyakan gima gw selama di italy, dapat juara gak? senang juga sih si dosennya perhatian.

di akhir presentasi dia memberikan hasil revisi sana sini dan kemudian berkata.

” kamu masih jet lag yah? “.

gw langsung terperanjat. mata sudah berkaca.

” iya pak ” dengan lemesnya gw menjawab. tapi dalam hati gw teriak ” IYA PAK “.

-sekian-

 dokumentasi : 1  2  3  4

piazza grande

klo ditanya, tempat paling berkesan di Arrezzo apa? pasti gw akan menjawab Piazza Grande. piazza adalah sebuah lapangan terbuka yang berada di dalam kota. kalau di indonesia mungkin namanya alun-alun, klo di negara lain namanya ‘square’.

arezzo sendiri adalah sebuah kota tua di Italia di daerah toscany. daerah ini terkenal dengan wine-nya. seperti kota-kota lain di italia, arezzo memiliki banyak piazza. hampir semua piazza di arezzo gw kunjungi sebelum pulang. hampir semua ataw bahkan semua piazza di arezzo pasti berdekatan dengan sebuah gereja.

sesuai dengan namanya, piazza grande adalah piazza paling besar di arezzo. piazza ini terletak di bagian utara. berdekatan dengan sebuah gereja besar. ketika pertama kali ke arezzo untuk melihat tempat kompetisi, kami menyempatkan diri untuk jalan-jalan di sekitar venue. kemudian dapatlah piazza ini.

tempat ini kemudian berkesan karena kami sering kesini selama di arezzo. banyak kegiatan yang kami lakukan disini. mulai dari makan siang sampai ‘ngamen dan jualan’. ‘ngamen’?

jadi waktu itu kami beristrahat di piazza ini setelah dari venue kompetisi. untuk menghilangkan kejenuhan, seperti biasa anak2 mulai bernyanyi. ternyata piazza ini sangat cocok untuk choir. suara kita sampai bergema dimana2. menariknya orang2 disana tidak terganggu justru makin tertarik. semua turis yang lewat pasti menyempatkan diri mereka untuk mendengar kami. melihat ini, anak2 semakain antusias. seruuu… sampai mereka memberikan recehan euro mereka.

melihat kesempatan ini, kami mulai menggelar CD rekaman kami untuk dijual. ternyata mereka cukup antusias dan banyak yang membeli. sampai hari terakhir, kami berhasil mendapat uang sekitar 500 euro. sesuatu…

selain nyanyi, kami juga menjual pernak pernik kostum foklore kami, mulai dari kipas, kain, udeng, dan juga gantungan kunci. klo dibandingin dengan harga beli di indo, harga yang kami tawarkan lumayan tinggi. kipas 17000 rupiah dijual 5 euro atau kira2 60000 ribu rupiah. haha…

momen yang lain adalah ketika menjelang kompetisi, kami vokalizing disini. ditengah piazza. dan ada saat ketika semua tim bergandengan tangan untuk menyatukan tujuan, kalau kami kesini untuk menang.. huoo.. momen yang mengharukan…